Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Tawarkan Gencatan Senjata Seminggu ke Hamas, tapi 40 Sandera Harus Dibebaskan

Israel mengusulkan gencatan senjata selama seminggu dengan imbalan sandera, termasuk perempuan, orang lanjut usia, dan mereka yang membutuhkan.

Penulis: Nuryanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Israel Tawarkan Gencatan Senjata Seminggu ke Hamas, tapi 40 Sandera Harus Dibebaskan
GIL COHEN-MAGEN / AFP
Ilustrasi - Asap membumbung selama serangan Israel di wilayah Palestina pada 10 Desember 2023. Israel mengusulkan gencatan senjata selama seminggu dengan imbalan sandera. 

TRIBUNNEWS.COM - Israel mengusulkan kepada Hamas penghentian perang selama seminggu di Gaza demi pembebasan 40 sandera.

Israel mengusulkan gencatan senjata dengan imbalan sandera, termasuk perempuan, orang lanjut usia, dan mereka yang membutuhkan.

Tawaran tersebut akan menjadi bagian dari kesepakatan yang disampaikan kepada Hamas melalui mediator Qatar.

Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat, Michael Herzog, mengakui kesiapan Israel untuk berhenti sejenak dalam upaya memaksimalkan pembebasan sandera.

Namun, Michael Herzog enggan mengonfirmasi kesepakatan akhir.

“Saya pikir terlalu dini untuk mengatakan apakah kita mencapai kesepakatan atau tidak, karena hingga saat ini Hamas menolak melakukan kesepakatan lain,” ujarnya, Rabu (20/12/2023), seperti diberitakan The Economic Times.

“Mereka mengharapkan gencatan senjata permanen, tapi saya berharap bahwa di bawah tekanan dari apa yang kami lakukan di lapangan, ditambah tekanan dari Qatar, mereka akan setuju untuk melakukan kesepakatan, tapi itu masih terlalu dini pada tahap ini,” jelasnya.

Baca juga: Hindari Rasa Malu, Tentara Israel yang Terluka Tolak Temui Netanyahu

BERITA TERKAIT

Hamas disebut bersikeras melakukan gencatan senjata sebelum melepaskan lebih banyak sandera.

Sementara itu, upaya diplomatik yang sedang berlangsung terjadi di tengah krisis kemanusiaan yang memburuk di wilayah yang terkepung.

Pemungutan Suara PBB Ditunda

Pemungutan suara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai upaya untuk meningkatkan pengiriman bantuan ke Jalur Gaza telah ditunda beberapa hari karena perundingan terus berusaha menghindari veto ketiga Amerika Serikat (AS) atas tindakan yang telah berlangsung selama dua bulan perang Israel-Hamas.

Dilansir CNA, dewan beranggotakan 15 orang awalnya akan melakukan pemungutan suara terhadap resolusi yang dirancang oleh Uni Emirat Arab, Senin (18/12/2023).

Namun, hal ini telah berulang kali tertunda karena para diplomat mengatakan UEA dan AS kesulitan mencapai kesepakatan dengan alasan penghentian permusuhan dan proposal untuk membentuk pemantauan bantuan PBB.

Ketika ditanya apakah mereka hampir mencapai kesepakatan, Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan pada Selasa (19/12/2023): "Kami sedang berusaha, kami benar-benar berhasil."

Baca juga: Anwar Ibrahim: Kapal-kapal Berbendera Israel Haram Sandar di Pelabuhan Malaysia

Gambar selebaran yang dirilis tentara Israel pada 19 Desember 2023 ini menunjukkan tentara yang beroperasi di Jalur Gaza, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.
Gambar selebaran yang dirilis tentara Israel pada 19 Desember 2023 ini menunjukkan tentara yang beroperasi di Jalur Gaza, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (Tentara Israel / AFP)

Rancangan resolusi tersebut akan menuntut Israel dan Hamas mengizinkan dan memfasilitasi pengiriman bantuan melalui darat, laut, dan udara ke dan di seluruh Jalur Gaza dan meminta PBB untuk memantau bantuan kemanusiaan yang tiba di daerah kantong Palestina.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas