Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abu Ubaida: Kami Ledakkan 2 Terowongan Berisi Tentara Israel, 16 Tewas, 2 Pesawat Musuh Dijatuhkan

Juru Bicara Brigade Al-Qassam, Abu Ubaida telah memberikan keterangan yakni melakukan rentetan serangan dengan target militer Israel.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Abu Ubaida: Kami Ledakkan 2 Terowongan Berisi Tentara Israel, 16 Tewas, 2 Pesawat Musuh Dijatuhkan
FOTO AFP / MOHAMMED ABED
Juru bicara Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer gerakan Islam Palestina Hamas yang menguasai Gaza, Abu Ubaida (kanan) memberikan konferensi pers di Kota Gaza pada 9 April 2011, saat tembakan tank Israel menewaskan seorang warga Palestina di Gaza hari ini , menjadikan total korban jiwa menjadi 12 dalam 24 jam paling mematikan sejak perang dahsyat lebih dari dua tahun lalu. 

TRIBUNNEWS.COM - Abu Ubaida, juru bicara militer Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata Gerakan Perlawanan Palestina Hamas, mengeluarkan pernyataan pada hari Senin (1/1/2024).

Dirinya mengatakan bentrokan antara pejuang Perlawanan Palestina dan tentara Israel terus berlanjut di berbagai poros Jalur Gaza.

Pejuang Palestina juga telah berhasil menghancurkan banyak kendaraan militer Israel selama empat hari terakhir.




Abu Ubaida juga mengatakan Brigade Al-Qassam telah membunuh 16 pasukan pertahanan Israel (IDF) dan melukai puluhan lainnya.

Brigade tersebut menjalankan 42 misi militer selama pertempuran melawan Israel di Jalur Gaza.

Baca juga: Akui Banyak Tentara Israel Tewas Tertembak Teman Sendiri di Gaza, IDF Ungkap Sebabnya

"Kami menargetkan pasukan Israel dengan rudal dan perangkat anti-bunker dan anti-personil, menyerang mereka dari jarak nol, sekaligus menargetkan tim penyelamat mereka," ujarnya, mengutip Palestine Chronicle.

"Kami meledakkan dua rumah dan dua terowongan yang berisi tentara Israel," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Brigade Al-Qassam juga meledakkan ladang ranjau di kendaraan dan tentara Israel, dan juga melakukan dua operasi penembak jitu.

Hingga menargetkan sebuah helikopter di Jalur Gaza dan menembak jatuh dua pesawat pengintai juga menyita sebuah drone.

Dengan menggunakan artileri, Brigade Al-Qassam menyerang markas besar dan ruang komando lapangan Israel dan bangunan militer dengan mortir dan roket jarak pendek di semua sumbu pertempuran di Jalur Gaza.

"Kami menghujani kota Tel Aviv di tengah Israel dengan rentetan roket Al-Muqadma 90 (M90)," lanjut Abu Ubaida.

Israel mulai menarik sejumlah tanknya dari beberapa distrik di Kota Gaza sebagai bagian dari upayanya mengubah taktik perang melawan Hamas.
Israel mulai menarik sejumlah tanknya dari beberapa distrik di Kota Gaza sebagai bagian dari upayanya mengubah taktik perang melawan Hamas. (Arab News)

Baca juga: Menteri Sayap Kanan Israel, Ben Gvir Larang Penjara Kasih Hidangan Daging untuk Tahanan Hamas

Pernyataan tersebut dikeluarkan ketika bentrokan antara pejuang Palestina dan tentara Israel meningkat pada hari Senin (1/1/2024) di lingkungan Al-Tuffah dan kamp pengungsi Al-Bureij di Jalur Gaza tengah, dan di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan.

sementara itu tentara Israel mengumumkan penarikan lebih banyak pasukan di Jalur Gaza utara dan demobilisasi tentara dari cadangan untuk berkonsentrasi pada pertempuran di Khan Yunis.

Jumlah Korban di Jalur Gaza

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas