Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Giliran Petinggi Pasukan Mobilisasi Populer Irak Tewas Kena Bom, Proksi Iran Dibidik AS-Israel?

Kematian petinggi Pasukan Mobilisasi Populer ini menjadi satu dari serangkaian peristiwa penting dalam tiga hari terakhir, semua terkait proksi Iran

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Giliran Petinggi Pasukan Mobilisasi Populer Irak Tewas Kena Bom, Proksi Iran Dibidik AS-Israel?
IRNA
DUA LEDAKAN DI TENGAH KERUMUNAN - Suasana kerumuman pada peringatan empat tahun kematian Komandan Garda Revolusi Iran, Jenderal Qasem Soleimani di Kota Kerman, Iran tenggara, Rabu (3/1/2024). Dua ledakan terjadi saat massa berkumpul, mengakibatkan korban tewas berjumlah 103 jiwa sejauh ini. 

Giliran Petinggi Pasukan Mobilisasi Populer Irak Tewas Kena Serangan Udara, Proksi Iran Dibidik AS-Israel?

TRIBUNNEWS.COM - Asisten komandan operasi militer di lingkaran Pasukan Mobilisasi Populer Irak (PMF) Moshtaq Taleb Al-Saidi (Abou Taqwa) dilaporkan terbunuh dalam sebuah serangan udara yang menargetkan markas besar PMF di Baghdad timur, Kamis (4/1/2023)..

Koresponden Al Mayadeen di Irak melaporkan, selain Abou Taqwa, satu orang lainnya juga dilaporkan tewas serta melukai enam orang lainnya dalam serangan itu.

Serangan udara ini diduga dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) yang punya rekam jejak menggempur para milisi Irak yang menembaki pangkalan militer mereka di negara tersebut.

Baca juga: Tiga Hari Anteng, Dua Rudal Koalisi Milisi Irak Hantam Pangkalan Militer AS di Ain al-Assad

Milisi perlawanan Irak, yang belakangan dilaporkan sudah membentuk koalisi, menyerang fasilitas militer pendudukan AS mengklaim serangan sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan milisi perlawanan Palestina di Gaza.

Mereka bersumpah untuk tetap menyerang, hingga tentara terakhir AS angkat kaki dari negara mereka.

Baca juga: Milisi Regional Bergerak, Kataib Hizbullah: Serang Hingga Tentara Terakhir AS Angkat Kaki dari Irak

Seorang petugas keamanan Lebanon berjaga di lokasi serangan Israel yang menewaskan wakil pimpinan Hamas, Saleh AL-Arouri di Beirut, Lebanon.
Seorang petugas keamanan Lebanon berjaga di lokasi serangan Israel yang menewaskan wakil pimpinan Hamas, Saleh AL-Arouri di Beirut, Lebanon. (Tangkap Layar/(Photo credit: Marwan Tahtah/Getty Images))

Serangan AS atau Israel?

Dalam serangan tersebut, sebuah drone meluncurkan empat roket dari sebuah drone, tiga di antaranya diluncurkan secara bersamaan, sedangkan roket keempat menghantam mobil Al-Saidi.

BERITA TERKAIT

"Koresponden kami mengatakan belum jelas apakah AS atau Israel berada di balik serangan itu," tulis laporan Al Mayadeen.

Laporan itu memberi konteks, serangan ini terjadi sebagai respons atas gempuran terus-menerus yang dilakukan oleh milisi Perlawanan di Irak terhadap basis pendudukan AS di Irak dan Suriah.

"(Gempuran serangan ke pangkalan AS) Ini sebagai bagian dari komitmen mereka untuk berdiri dalam solidaritas bersama rakyat Gaza dalam menghadapi perang genosida melawan Israel yang disponsori oleh AS," tulis laporan itu.

Kemarin, Perlawanan di Irak menyatakan berhasil menargetkan pangkalan AS al-Tanf di Suriah menggunakan drone.

Kelompok ini juga mengambil tanggung jawab untuk menembakkan roket ke pangkalan al-Shaddadi, menegaskan komitmen mereka untuk terus menargetkan benteng pasukan AS.

Gambar yang diambil dari video yang dirilis oleh kantor berita Iran Press yang dikelola pemerintah pada tanggal 3 Januari 2024 menunjukkan sebuah ambulans di dekat lokasi di mana dua ledakan berturut-turut terjadi di kerumunan yang menandai peringatan pembunuhan jenderal Garda Qasem Soleimani pada tahun 2020, di dekat lokasi kejadian. Masjid Saheb al-Zaman di kota Kerman, Iran selatan. Ledakan tersebut, yang oleh televisi pemerintah disebut sebagai
Gambar yang diambil dari video yang dirilis oleh kantor berita Iran Press yang dikelola pemerintah pada tanggal 3 Januari 2024 menunjukkan sebuah ambulans di dekat lokasi di mana dua ledakan berturut-turut terjadi di kerumunan yang menandai peringatan pembunuhan jenderal Garda Qasem Soleimani pada tahun 2020, di dekat lokasi kejadian. Masjid Saheb al-Zaman di kota Kerman, Iran selatan. Ledakan tersebut, yang oleh televisi pemerintah disebut sebagai "serangan teroris", terjadi ketika ketegangan meningkat di Timur Tengah sehari setelah orang nomor dua Hamas tewas dalam serangan pesawat tak berawak di Beirut. Ledakan itu terjadi di dekat Masjid Saheb al-Zaman di Kerman, kampung halaman Soleimani di selatan tempat ia dimakamkan, ketika para pendukung berkumpul untuk memperingati empat tahun kematiannya dalam serangan pesawat tak berawak AS di luar bandara Baghdad. (Photo by IRAN PRESS / AFP) (AFP/-)

Proksi Iran Jadi Bidikan Serangan?

Kematian petinggi Pasukan Mobilisasi Populer ini menjadi satu dari serangkaian peristiwa penting dalam tiga hari terakhir.

Ada garis merah dari kejadian penting ini, mereka yang dihajar serangan adalah proksi atau bagian dari entitas Iran.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas