Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Hizbullah Kian Ganas, Israel Perintahkan Rumah Sakit di Utara Beralih ke Mode Darurat

Rumah sakit Israel diperintahkan bersiap menerima ribuan pasien (tentara) yang terluka seiring meningkatnya pertempuran lawan Hizbullah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Serangan Hizbullah Kian Ganas, Israel Perintahkan Rumah Sakit di Utara Beralih ke Mode Darurat
Nir Keidar/Anadolu Agency
Tentara Israel mengevakuasi anggota pasukannya yang terluka di Gaza pada 18 Desember 2023. Terkait situasi di perbatasan utara, Israel memerintahkan rumah sakit di wilayah itu untuk beralih ke mode darurat, mengindikasikan pertempuran melawan Hizbullah Lebanon makin besar dan ganas. 

Serangan Hizbullah Kian Ganas, Kemenkes Israel Perintahkan Rumah Sakit di Utara Beralih ke Mode Darurat

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Kesehatan Israel dilaporkan telah memerintahkan tiap rumah sakit yang berada di bagian utara negara itu untuk bersiap menghadapi worst-case scenario.

Skenario terburuk yang dimaksud dideskripsikan dengan kemungkinan menerima ribuan pasien (tentara) yang terluka seiring meningkatnya pertempuran dengan Gerakan Perlawanan Lebanon, Hizbullah.

Baca juga: Petinggi Pasukan Elite Radwan Tewas, Hizbullah akan Meledak, Netanyahu Malah Datang ke Kiryat Shmona

Menurut lembaga penyiaran publik Israel, KAN, kementerian Israel juga telah meminta pusat-pusat kesehatan di wilayah utara untuk bersiap menghadapi kemungkinan memasuki “mode pulau terpencil,”.

Mode yang dimaksud ini adalah pusat kesehatan dibiarkan tanpa pasokan medis, obat-obatan, dan makanan selama berhari-hari.

Selain itu, kementerian Israel dilaporkan juga telah meminta rumah sakit untuk beralih ke mode darurat dalam beberapa jam.

Pemerintahan Israel disebutkan meminta agar rumah sakit-rumah sakit yang dimkasud tetap mempertahankan tingkat okupansi sebesar 50 persen.

BERITA TERKAIT

Perintah kementerian kesehatan Israel ini disebutkan memberi indikasi kalau pertempuran besar tentara Israel (IDF) melawan Hizbullah segera meletus.

Hal tu terjadi setelah Hizbullah melakukan serangan lebih ganas dan presisi ke wilayah-wilayah serta fasilitas militer Israel.

Baca juga: Taktik Perang Hizbullah Lawan Israel: Butakan Matanya Lalu Kirim Roket Kornet, Iron Dome Jadi Eror

Pangkalan udara Meron Israel diserang 62 roket Hizbullah.
Pangkalan udara Meron Israel diserang 62 roket Hizbullah. (tangkap layar)

Pembunuhan Saleh al-Arouri Jadi Gerbang Pembuka Perang Besar

Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, pada tanggal 7 Oktober, gerakan Perlawanan Lebanon, Hizbullah, telah terlibat secara langsung, namun secara relatif terbatas, dalam perang melawan pendudukan Israel.

Namun, setelah pembunuhan wakil kepala biro politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Saleh al-Arouri, di Beirut, pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengatakan “Aksi pembalasan tidak bisa dihindari”.

Nasrallah mengatakan dalam pidatonya di televisi pada hari Jumat, untuk kedua kalinya dalam beberapa hari, bahwa Hizbullah tidak bisa tinggal diam terhadap pelanggaran tingkat ini.

Baca juga: Seberapa Kuat Hizbullah Lebanon? Mengapa Dia Ada? Bikin Kaget Dunia Karena Bisa Pukul Mundur Israel

Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah
Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah (dok. AFP)

Dia menekankan bahwa kurangnya balasan terhadap serangan Israel akan membuat seluruh Lebanon terekspos.

Dia mencontohkan, pejuang Hizbullah telah melakukan sekitar 670 operasi militer di perbatasan Lebanon dengan Israel sejak 8 Oktober, satu hari setelah operasi Banjir Al-Aqsa oleh Hamas.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk melakukan “perubahan mendasar” terhadap situasi keamanan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel.

(oln/PC/Anadolu)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas