Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pernyataan Iran Terkait Pemboman Markas Mata-mata Israel di Erbil Irak, Lokasi di Dekat Konsulat AS

Pernyataan Iran terkait dengan pemboman markas mata-mata Israel di Erbil Irak, yang berada di dekat Konsulat Amerika Serikat.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pernyataan Iran Terkait Pemboman Markas Mata-mata Israel di Erbil Irak, Lokasi di Dekat Konsulat AS
PressTV
Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei bertemu dengan sekelompok atlet dan peraih medali Iran Asian Games 2023 Hangzhou pada 22 November 2023. 

Pernyataan Iran Terkait Pemboman Markas Mata-mata Israel di Erbil Irak, Lokasi di Dekat Konsulat AS

TRIBUNNEWS.COM- Pernyataan Iran terkait dengan pemboman markas mata-mata Israel di Erbil Irak, yang berada di dekat Konsulat Amerika Serikat.

“Serangan rudal IRGC terhadap markas mata-mata dan pertemuan kelompok teroris anti-Iran.
Pemberitahuan No. 1 IRGC Menanggapi kejahatan teroris baru-baru ini yang dilakukan musuh-musuh Islam Iran, markas mata-mata dan kumpulan kelompok teroris anti-Iran di beberapa wilayah menjadi sasaran rudal balistik IRGC di tengah-tengah perang malam. "




Korps Pengawal Revolusi Islam, cabang angkatan bersenjata Iran, meluncurkan rudal balistik ke tempat yang mereka gambarkan sebagai markas mata-mata di Erbil, Irak utara pada Senin malam. Sepuluh rudal jatuh di dekat Konsulat AS, kata sumber Irak.

“Menanggapi tindakan jahat rezim Zionis yang baru-baru ini membunuh IRGC dan komandan perlawanan, Korps Pengawal Revolusi Islam, dengan keluhuran dan kecerdasannya, menargetkan dan menghancurkan salah satu markas utama agen mata-mata Israel, Mossad, di wilayah Kurdistan Irak dengan menembakkan senjata. rudal balistik,” kata  orps Pengawal Revolusi Islam dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh kantor berita Iran.

Baca juga: Markas Mata-mata Israel di Irak Dihantam 6 Rudal, Garda Revolusi Iran Menargetkan Lebih Banyak Lagi

“Markas Mossad ini,” lanjut pernyataan itu, merujuk pada badan intelijen Israel, “telah berfungsi untuk operasi spionase dan pusat perencanaan serangan teror di wilayah tersebut, terutama terhadap negara kita tercinta.”

Tidak ada fasilitas AS yang terkena dampaknya, kata para pejabat AS. Sumber keamanan Irak mengatakan kepada ABC News bahwa tidak ada pasukan koalisi atau pasukan Amerika yang terbunuh.

BERITA TERKAIT

Namun, setidaknya empat warga sipil tewas dan enam lainnya luka-luka dalam serangan itu, menurut Dewan Keamanan Regional Kurdistan. Media Irak, Rudaw, melaporkan bahwa 17 orang terluka dan korban termuda adalah seorang bayi berusia 11 bulan.

Politisi Irak Mashan al-Jabouri menulis dalam sebuah postingan di X bahwa pengusaha terkemuka Irak Peshraw Dizayi dan keluarganya termasuk di antara mereka yang tewas oleh salah satu rudal, yang mendarat di “istana” Dizayi.

Baca juga: Sedikitnya 5 Tewas 17 Luka-luka, Iran Menyerang Kelompok Anti-Iran di Erbil Irak, Eskalasi Baru

ABC News melaporkan bahwa pasukan koalisi juga menembak jatuh tiga drone di dekat bandara Erbil—serangan drone terbaru yang meningkat di wilayah tersebut, tempat pasukan AS dan internasional lainnya bermarkas. Lalu lintas udara di bandara telah ditangguhkan, kata pihak bandara kepada Rudaw.

Dalam sebuah pernyataan yang mengutuk serangan di Erbil pada hari Selasa, Departemen Luar Negeri AS mengatakan serangan tersebut “sembrono” dan “merusak stabilitas Irak.”

Gubernur Kurdi Irak Omed Khoshnaw mengatakan kepada wartawan bahwa serangan hari Senin adalah “serangan teroris” dan “tindakan yang tidak manusiawi. Erbil tidak akan takut atau terguncang,” katanya.

IRGC juga melancarkan serangan rudal terpisah yang menyerang sasaran di Suriah, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. Serangan itu menargetkan mereka yang terlibat dalam pemboman di Kerman awal bulan ini yang menewaskan sedikitnya 94 orang serta serangan terhadap kantor polisi di Rask.

Baca juga: Reaksi AS Terhadap Serangan Iran pada Area Dekat Konsulat AS di Irak, Begini Kata Adrienne Watson

Serangan tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah sejak pecahnya perang Israel-Hamas, yang telah menyebabkan konflik proksi antara sekutu masing-masing pihak—terutama antara AS, yang mendukung Israel, dan Iran, yang mendukung Hamas.

Sekutu Iran di wilayah tersebut, khususnya pemberontak Houthi di Yaman, dalam beberapa bulan terakhir telah melancarkan puluhan serangan terhadap entitas Israel dan AS dan mulai melihat adanya pembalasan yang dikhawatirkan dapat berkembang menjadi perang regional yang lebih luas.

(Sumber: Time)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas