Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lancarkan Gelombang Serangan Baru, AS Tembak Jatuh 14 Rudal Houthi Yaman: Ancaman segera Terjadi

Serangan AS menandai keempat kalinya dalam seminggu bahwa mereka secara langsung menargetkan Houthi di Yaman.

Penulis: Nuryanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Lancarkan Gelombang Serangan Baru, AS Tembak Jatuh 14 Rudal Houthi Yaman: Ancaman segera Terjadi
Khaled Ziad / AFP
Ilustrasi - Anggota penjaga pantai Yaman ketika orang lain menaiki kapal patroli di Laut Merah pada 12 Desember 2023. Serangan AS menandai keempat kalinya dalam seminggu bahwa mereka secara langsung menargetkan Houthi di Yaman. 

TRIBUNNEWS.COM - Militer Amerika Serikat (AS) kembali melancarkan gelombang serangan rudal ke situs-situs yang dikuasai Houthi, Rabu (17/1/2024).

Serangan AS tersebut menandai keempat kalinya dalam seminggu bahwa mereka secara langsung menargetkan Houthi di Yaman.

Diberitakan The Guardian, serangan tersebut diluncurkan dari Laut Merah.

AS melancarkan serangan setelah sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan dari daerah yang dikuasai Houthi menghantam kapal milik AS di Teluk Aden.

Kantor berita Saba yang dikuasai Houthi mengatakan, daerah yang menjadi sasaran AS adalah Hodeidah, Taiz, Dhamar, al Bayda, dan Saada.

Kelompok media tersebut mengklaim, pesawat Inggris juga terlibat dalam serangan tersebut.

Serangan AS Mengenai 14 Rudal Houthi

Serangan AS yang diluncurkan dari Laut Merah mengenai 14 rudal yang dianggap oleh komando tersebut sebagai “ancaman yang akan segera terjadi”.

BERITA TERKAIT

Serangan tersebut menyusul pengumuman resmi pada hari Rabu bahwa AS telah memasukkan kembali kelompok Houthi ke dalam daftar teroris global yang ditetapkan secara khusus.

Sanksi yang diberikan bersamaan dengan penetapan resmi tersebut dimaksudkan untuk memutus kelompok ekstremis kekerasan dari sumber pendanaan mereka.

“Pasukan melakukan serangan terhadap 14 rudal Houthi yang didukung Iran yang dimuat untuk ditembakkan di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman,” ungkap Komando Pusat AS dalam sebuah pernyataan, Rabu, dikutip dari AP News.

“Rudal-rudal yang berada di jalur peluncuran ini menghadirkan ancaman nyata terhadap kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut dan dapat ditembakkan kapan saja, sehingga mendorong pasukan AS untuk menggunakan hak dan kewajiban yang melekat pada mereka untuk membela diri," lanjutnya.

Baca juga: Houthi: AS Sebut Houthi Sebagai Teroris, Itu Takkan Menghalangi Upaya Mereka untuk Membela Palestina

Houthi Serang Kapal Dagang

Kelompok Houthi mulai menyerang kapal dagang pada November 2023, dengan mengatakan bahwa mereka menanggapi operasi militer Israel di Gaza.

Sejak saat itu, Houthi telah melancarkan puluhan serangan terhadap kapal tanker komersial yang melintasi Laut Merah, salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Sebagai tanggapan, AS dan Inggris melancarkan gelombang serangan udara terhadap puluhan sasaran Houthi pada 11 Januari 2024.

Serangan tersebut yang didukung oleh Australia, Bahrain, Belanda, dan Kanada, dimulai setelah pasukan Houthi mengabaikan ultimatum untuk menghentikan serangan mereka di wilayah tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas