Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

800.000 Warga Ukraina Kabur Hindari Wajib Militer, Mereka Harus Berjuang di Garis Depan

Ia mengklaim saat ini terdapat ratusan ribu pria Ukraina yang tinggal di Eropa yang “secara ilegal” melarikan diri ketika pertempuran

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 800.000 Warga Ukraina Kabur Hindari Wajib Militer, Mereka Harus Berjuang di Garis Depan
Ukrinforms/Getty image
Ilustrasi tentara wanita Ukraina. Negeri itu akan melakukan mobilisasi 500.000 tentara untuk berperang melawan Rusia 

TRIBUNNEWS.COM -- Hampir 800.000 pria berusia militer telah secara ilegal meninggalkan Ukraina ke negara-negara Eropa lainnya untuk menghindari konflik dengan Rusia, dan Uni Eropa harus membantu mengembalikan mereka ke garis depan.

Anggota Parlemen Eropa Jaak Madison berbicara di Parlemen Eropa mengatakan bahwa ketika Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengunjungi Tallinn pekan lalu, dia menjelaskan bahwa Kiev membutuhkan lebih banyak personel, karena negara tersebut telah kehilangan ribuan tentara dalam konflik dengan Rusia.

Ia mengklaim saat ini terdapat ratusan ribu pria Ukraina yang tinggal di Eropa yang “secara ilegal” melarikan diri ketika pertempuran dengan Rusia pecah pada Februari 2022.

Baca juga: Bersiap Hadapi Serangan Rusia-China-Korut, NATO Gelar Latihan Perang Terbesar Sejak Perang Dingin

Pejabat Estonia menyebut orang-orang tersebut sebagai “pengecut,” dan bersikeras bahwa UE harus membantu Kiev mendapatkan mereka kembali, serta memberikan bantuan militer tambahan agar “mereka tidak mati di Ukraina.”

Estonia Tak Deportasi

Namun Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas mengatakan pada hari Minggu bahwa Tallinn tidak bermaksud mendeportasi warga negara Ukraina yang berusia militer, menjelaskan bahwa UE telah memberikan perlindungan sementara kepada orang-orang ini dan tidak akan setuju untuk mengirim mereka kembali ke Ukraina.

Dia menambahkan bahwa jika Kiev ingin mereka kembali, maka mereka harus meyakinkan mereka untuk melakukannya.

Kiev telah berulang kali memberi isyarat dalam beberapa pekan terakhir bahwa tentara Ukraina sangat membutuhkan rekrutan baru, setelah serangan balasan musim panas yang banyak digembar-gemborkan gagal menghasilkan keuntungan teritorial yang signifikan dan malah mengakibatkan banyak korban jiwa.

BERITA TERKAIT

Seorang komandan Ukraina juga mengungkapkan dalam sebuah wawancara pada hari Minggu bahwa usia rata-rata tentara yang saat ini bertugas di pasukan Kiev adalah di atas 40 tahun, dan bahwa militer sangat membutuhkan pria yang lebih muda, menjelaskan bahwa mereka yang bergabung dengan tentara pada awal konflik, sebagian besar “pergi”.

Dipersulit Masuk Rumah Sakit

Laki-laki Ukraina yang mungkin memenuhi syarat untuk wajib militer diharuskan menunjukkan dokumen dari pusat perekrutan sebelum mereka dapat dirawat di rumah sakit umum, lapor outlet Strana pada hari Kamis, mengutip berbagai sumber dari seluruh negeri.

Klaim bahwa sistem layanan kesehatan publik bekerja sama dengan kementerian pertahanan muncul ketika emigrasi massal dan penghindaran wajib militer melemahkan upaya Kiev untuk memobilisasi pasukan tambahan.

Baca juga: Asalkan Tak Terkait Israel, Houthi Janjikan Jalur Aman bagi Kapal Rusia dan China di Laut Merah

Bulan Juni lalu, seorang pejabat lokal di Wilayah Ivano-Frankivsk di Ukraina barat menimbulkan kegemparan nasional, ketika ia mengumumkan bahwa pria dalam usia wajib militer yang tidak melapor ke pusat perekrutan untuk kemungkinan wajib militer tidak akan dirawat di rumah sakit regional untuk perawatan non-darurat. .

Pakar hukum mengatakan pada saat itu bahwa pembatasan tersebut tidak konstitusional dan para pejabat kemudian kembali melakukan hal tersebut.

Namun, kini kampanye informal yang mendorong warga Ukraina untuk ikut wajib militer sedang berlangsung, klaim Strana, mengutip beberapa anekdot.

Salah satu kasus yang diduga melibatkan seorang ayah, yang diminta untuk mendapatkan surat keterangan dari petugas wajib militer sebelum putranya dapat dirawat.

Pria itu mengancam akan mengajukan pengaduan ke polisi dan petugas medis pun mundur, kata laporan itu.

Dorongan untuk mendaftar datang melalui sistem medis yang dioperasikan pemerintah dan dilaporkan telah mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap layanan kesehatan swasta.

Seorang perwakilan dari asosiasi perdagangan mengatakan kepada Strana bahwa rumah sakit swasta di Kiev mengalami peningkatan pelanggan sebesar 20 hingga 30 persen pada musim gugur lalu.

“Sebelumnya, jumlah pria dan wanita yang dirawat di rumah sakit kira-kira sama. Sekarang, jumlah laki-lakinya meningkat dua kali lipat,” kata seorang dokter yang bekerja di klinik swasta kepada outlet tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas