Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Balik dari Medan Perang, Tentara Israel Alami Stres Berat hingga Tembak Mati Temannya

Seorang tentara Israel berusia 25 tahun baru saja kembali dari medan perang di Gaza mengalami stres berat hingga menembak temannya sendiri.

Penulis: Farrah Putri Affifah
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Balik dari Medan Perang, Tentara Israel Alami Stres Berat hingga Tembak Mati Temannya
Tentara Israel / AFP
Gambar selebaran yang dirilis tentara Israel pada 12 Januari 2024 menunjukkan tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang tentara Israel berusia 25 tahun yang baru saja kembali dari medan perang di Gaza mengalami stres berat.

Jpost melaporkan tentara ini merupakan tentara cadangan Israel yang kembali dari Gaza dan menderita gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Saat kembali ke negaranya, tentara ini membunuh seorang temannya di sebuah apartemen di Jalan Menachem Begin, Tel Aviv pada Sabtu (20/1/2024).




Mengutip dari Arab News, tentara ini membawa senjata berlisensi dalam penembakan tersebut.

Sementara itu, korban yang merupakan temannya awalnya mendertita luka-luka.

Namun, karena lukanya makin parah, korban akhirnya meninggal dunia.

Media Israel melaporkan dalam beberapa bulan terakhir bahwa ribuan tentara yang diberhentikan setelah perang di Gaza mengalami trauma.

BERITA TERKAIT

Pada awal bulan Desember, media Haaretz melaporkan ada 18 persen tentara yang kembali dari Gaza dan mengalami kesehatan mental seperti, PTSD.

Insiden seperti ini juga pernah terjadi sebelumnya ketika tentara Israel yang kembali dari medan perang terbangun dari mimpi buruk dan melukai anggota tentaa lainnya.

Menurut Jerusalem Post, tentara itu melesatkan tembakan ke dinding. Namun, pecahan pelurunya mengenai beberapa tentara di sekitarnya.

Kejadian tersebut terjadi ketika para tentara Israel menginap di sebuah resor di Ashkelon di Israel selatan yang digunakan oleh militer untuk tujuan rehabilitasi ketika insiden tersebut terjadi.

Baca juga: Ribuan Orang di Brussel Belgia Demonstrasi Menuntut Hentikan Genosida di Gaza, Sebut Israel Teroris

Atas kejadian tersebut, Kementerian Pertahanan Israel langsung menyelidiki penyebabnya.

Akan tetapi, penyelidikan dihentikan karena kondisi psikologis prajurit.

Awal bulan ini, situs berita Israel Walla melaporkan bahwa sekitar 4.000 tentara Israel dilumpuhkan sejak awal serangan Israel di Gaza pada 7 Oktober.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas