Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Iran Berkunjung ke Turki untuk Memperluas Hubungan, Ini Rencana Mereka pada Zionis Israel

Presiden Iran berkunjung ke Turki untuk memperluas hubungan kerjasama. Kunjungan yang sebelumnya tertunda ini juga akan fokus pada upaya bersama.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Presiden Iran Berkunjung ke Turki untuk Memperluas Hubungan, Ini Rencana Mereka pada Zionis Israel
Tangkapan layar Twitter
Presiden Iran, Ebrahim Raisi bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Turki untuk memperluas hubungan kerjasama. Kunjungan yang sebelumnya tertunda ini juga akan fokus pada upaya untuk memutus jalur kehidupan Israel dan mengakhiri perang Gaza. Presiden Iran Ebrahim Raisi meninggalkan Teheran menuju Turki pada 24 Januari untuk kunjungan dua kali tertunda yang bertujuan untuk fokus pada perang di Gaza dan masalah bilateral, termasuk perdagangan. 

Presiden Iran Berkunjung ke Turki untuk Memperluas Hubungan, Ini Rencana Mereka pada Zionis Israel

TRIBUNNEWS.COM- Presiden Iran berkunjung ke Turki untuk memperluas hubungan kerjasama.

Kunjungan yang sebelumnya tertunda ini juga akan fokus pada upaya untuk memutus jalur kehidupan Israel dan mengakhiri perang Gaza.




Presiden Iran Ebrahim Raisi meninggalkan Teheran menuju Turki pada 24 Januari untuk kunjungan dua kali tertunda yang bertujuan untuk fokus pada perang di Gaza dan masalah bilateral, termasuk perdagangan.

Raisi akan ikut memimpin pertemuan tahunan kedelapan Dewan Tinggi Kerja Sama Iran-Turki dan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Iran berharap untuk “menetapkan target sebesar $30 miliar dalam pertukaran perdagangan tahunan dengan Turki … mitra ekonomi utama” Republik Islam, kata Raisi kepada wartawan sebelum meninggalkan Teheran, menurut outlet berita semi-resmi Iran, Tasnim.

Baca juga: Iran Dukung Penuh Hamas, Amir-Abdollahian: Netanyahu Tak Bisa Bertahan 10 Menit Tanpa AS

Presiden menambahkan bahwa Teheran dan Ankara bertujuan untuk menandatangani beberapa perjanjian kerja sama selama kunjungan tersebut untuk memperluas hubungan.

BERITA TERKAIT

Raisi mencatat sikap bersama antara kedua negara dalam mendukung Palestina dan mengatakan bahwa kunjungan tersebut juga akan fokus pada rencana untuk memutus jalur hidup rezim Zionis.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengatakan pada tanggal 23 Januari bahwa Teheran dan Ankara harus bergandengan tangan untuk menghadapi Israel dan mengakhiri serangan brutal di Jalur Gaza.

Perjalanan Raisi ke Turkiye dibatalkan pada bulan November, dan perjalanan pada awal Januari ditunda lagi setelah serangan teror besar-besaran di provinsi Kerman di Iran.

Di depan umum, Turkiye dan presidennya telah mengambil sikap tegas dalam mendukung Palestina dan menentang tindakan Israel di Gaza, serta memuji perlawanan Palestina sebagai “pejuang kemerdekaan.”

Ekspor Turki ke Israel meningkat dari 319,5 juta dolar pada bulan November menjadi 430,6 juta dolar pada bulan Desember, lebih tinggi dibandingkan jumlah ekspor sebesar 408,3 juta dolar pada bulan Juli, sebelum Operasi Banjir Al-Aqsa.

Menurut ekonom Turki Ibrahim Kahveci, bangsa Turki menampilkan kebencian sambil tetap menjalankan bisnis seperti biasa secara tertutup.

“Meskipun retorika Erdogan mungkin secara dangkal meniru Retorika Poros Perlawanan di kawasan ini, dalam praktiknya, ia tidak mungkin mengubah keselarasan geopolitik Turki dalam masalah Palestina secara signifikan. Posisi alaminya tetap berada di poros barat, terutama ketika uang dipertaruhkan,” tulis Mohammad Hassan Sweidan dikutip dari The Cradle pada 18 Januari.

(Sumber: The Cradle) 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas