Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uni Eropa Kompak Dukung Pembentukan Negara Palestina, Solusi 2 Negara Pilihan Terbaik

Uni Eropa berpendapatpembentukan negara Palestina adalah solusi terbaik untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Uni Eropa Kompak Dukung Pembentukan Negara Palestina, Solusi 2 Negara Pilihan Terbaik
Euractive
Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne. 

Uni Eropa Kompak Dukung Pembentukan Negara Palestina, Solusi 2 Negara Pilihan Terbaik

TRIBUNNEWS.COM - Para menteri luar negeri Uni Eropa (UE) kompak berpendapat bahwa pembentukan negara Palestina adalah solusi terbaik untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah, Senin (22/1/2024).

Sikap bulat Uni Eropa tersebut sekaligus menentang pendapat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang secara tegas menentang gagasan tersebut.




"Pernyataan Benjamin Netanyahu mengkhawatirkan. Akan ada kebutuhan akan negara Palestina dengan jaminan keamanan bagi semua pihak," kata Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne, dikutip AP News.

Uni Eropa Dukung Palestina

Uni Eropa selama ini menjadi penyedia bantuan terbesar di dunia untuk Palestina dan hanya memberikan dukungan kecil terhadap Israel, meskipun negara itu adalah mitra dagang terbesarnya.

Para anggota UE yang berjumlah 27 negara memiliki pendekatan yang berbeda-beda terkait konflik Palestina-Israel.

Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya korban jiwa di Gaza, para pejabat UE perlahan mulai menentang serangan brutal Israel di Gaza.

BERITA TERKAIT

"Gaza berada dalam situasi yang sangat mendesak. Ada risiko kelaparan. Ada risiko epidemi. Kekerasan harus dihentikan," ungkap Menteri Luar Negeri Belgia, Hadja Lahbib. Belgia saat ini berperan sebagai pemimpin UE.

Lahbib mengatakan, solusi dua negara adalah satu-satunya cara untuk membangun perdamaian dengan cara yang tahan lama di kawasan.

Saat ini para menteri Eropa masih ingin mendengar tentang rencana Israel di masa depan. Mereka khawatir Israel akan terus melancarkan serangan dan mengusir bangsa Palestina.

Baca juga: PBB dan Inggris Ingin Paksa Israel Terima Solusi Dua Negara untuk Akhiri Perang di Gaza

"Apa solusi lain yang ada dalam pikiran mereka? Untuk membuat semua orang Palestina pergi? Untuk membunuh mereka?," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell, yang memimpin pertemuan hari Senin.

Sejalan dengan itu, Spanyol mengusulkan diadakannya konferensi perdamaian untuk membahas apa yang mungkin terjadi setelah pertempuran berakhir.

Baca juga: Hamas Rilis Dokumen Propaganda, Tuding Israel atas Pembunuhan Warga Sipil Gaza

Usulan tersebut mendapatkan dukungan dari sejumlah negara UE, namun mereka juga mengatakan bahwa upaya itu akan sia-sia jika Israel tidak hadir.

Israel Masih Ingin Lanjutlkan Perang dengan Hamas

Kementerian Kesehatan Gaza dalam laporan terbarunya mencatat bahwa jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel telah melebihi angka 25.000.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, yang juga hadir dalam pertemuan hari Senin, bersikeras untuk terus melakukan serangan demi memulihkan keamanan negaranya dan membebaskan sandera.

Katz justru meminta pengertian para mitranya dengan mengatakan bahwa pasukan Israel kini sedang berperang dalam kondisi sulit.

"Kami harus memulihkan keamanan kami. Prajurit kami yang pemberani bertempur dalam kondisi sulit. Tujuan pemerintah Israel sudah jelas, untuk membawa kembali sandera dan memulihkan keamanan bagi warga Israel," kata Katz.

Laporan Prihastomo Wahyu Widodo | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas