Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Data Black Box Pesawat Rusia yang Jatuh di Belgorod Konfirmasi Dampak Eksternal, Ditembak Jatuh?

Data dari perekam suara kokpit dan data penerbangan pesawat angkut militer Ilyushin-76 yang alami kecelakaan di Belgorod konfirmasi ditembak jatuh.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Data Black Box Pesawat Rusia yang Jatuh di Belgorod Konfirmasi Dampak Eksternal, Ditembak Jatuh?
HANDOUT / RUSSIAN INVESTIGATIVE COMMITTEE / AFP
Tangkap layar video yang diambil pada 26 Januari 2024, menunjukkan lokasi yang diklaim jatuhnya pesawat angkut militer IL-76 Rusia di wilayah Belgorod. - Data yang dianalisis dari perekam suara kokpit dan data penerbangan pesawat angkut militer Ilyushin-76 yang ditembak jatuh oleh militer Ukraina di Wilayah Belgorod mengkonfirmasi dampak eksternal 

TRIBUNNEWS.COM - Data yang dianalisis dari perekam suara kokpit dan data penerbangan pesawat angkut militer Ilyushin-76 yang ditembak jatuh oleh militer Ukraina di Wilayah Belgorod, mengonfirmasi dampak eksternal, kata sumber resmi kepada TASS.

Sebelumnya, media pemerintah melaporkan bahwa black box  atau kotak hitam dari pesawat angkut militer Rusia itu dikirim ke laboratorium khusus di Moskow untuk dianalisis.

“Data dari kotak hitam mengecualikan semua kemungkinan versi kecelakaan Ilyushin-76 dan mengonfirmasi bahwa pesawat tersebut terkena dampak eksternal," urai sumber tersebut,




"Dengan kata lain, pesawat itu ditembak jatuh di udara. Semuanya jelas,” kata sumber tersebut.

Ia menambahkan, analisis data black box terus dilakukan.

“Pekerjaan ini hampir selesai. Tidak perlu terburu-buru,” kata pejabat itu.

Pesawat tersebut mengalami kecelakaan di perbatasan Belgorod pada Rabu (24/1/2024) kemarin.

BERITA TERKAIT

Dikutip dari The Guardian, insiden tersebut menewaskan 74 orang di dalamnya.

Angkut Tawanan Perang

Kementerian Pertahanan Rusia menggambarkan insiden itu sebagai serangan teror.

Moskow menyatakan bahwa pesawat itu mengangkut 65 tawanan perang Ukraina yang akan ditukar dan pasukan Ukraina malah menembak jatuh pesawat itu. 

Ketua Komite Pertahanan Duma Rusia, Andrey Kartapolov mengatakan, kepada anggota parlemen pada Kamis (25/1/2024) "pihak Ukraina secara resmi telah diperingatkan, dan 15 menit sebelum pesawat memasuki zona tersebut, Kyiv sudah diberi informasi lengkap."

Baca juga: Rusia Dihajar Serangan Drone Terbesar Sepanjang Perang, Empat Pesawat Angkut Militer Il-76 Hancur

Zelensky Tuntut Penjelasan

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyerukan kejelasan penuh atas kecelakaan itu.

Ia menuduh Moskow “mempermainkan nyawa tawanan perang Ukraina”.

Mengenal Ilyushin Il-76 

Ilyushin Il-76 adalah pesawat kargo, digunakan sebagai pengangkut strategis serbaguna bermesin empat yang dirancang oleh Biro Desain Ilyushin.

Dikutip dari Aircharterservice, Ilyushin Il-76 pertama kali direncanakan sebagai pesawat kargo komersial pada tahun 1967.

Dimaksudkan sebagai pengganti Antonov An-12, Il-76 dirancang untuk mengirimkan alat-alat berat, terutama untuk kepentingan militer, ke daerah-daerah terpencil di Uni Soviet, dan untuk pengangkut strategis militer.

Versi militer Il-76 telah digunakan secara luas di Eropa, Asia dan Afrika, termasuk digunakan sebagai pesawat tanker udara atau sebagai pusat komando.

Pada perang Rusia-Ukraina, Il-76 banyak digunakan untuk mengangkut artileri berat dan tank-tank sedang milik Rusia ke wilayah pendudukan di Ukraina.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas