Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Mau Perangi Teheran, AS Ingin Berangus Militan Dukungan Iran di Timur Tengah

Iran mengakui tak ingin berperang langsung dengan Iran, namun negara adidaya tersebut bertekad memberantas kelompok-kelompok militan

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Mau Perangi Teheran, AS Ingin Berangus Militan Dukungan Iran di Timur Tengah
US CENTRAL COMMAND (CENTCOM) / AFP
Pasukan Komando Pusat AS, bersama Angkatan Bersenjata Inggris melakukan serangan terhadap 36 sasaran Houthi di 13 lokasi di wilayah Yaman 

TRIBUNNEWS.COM -- Iran mengakui tak ingin berperang langsung dengan Iran, namun negara adidaya tersebut bertekad memberantas kelompok-kelompok militan yang didukung oleh Teheran.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan, negaranya bertekad menghancurkan kelompok dukungan Iran yang tersebar di Timur Tengah.

Hal itu dikatakannya setelah AS beberapa kali melancarkan serangan ke sejumlah lokasi antara lain ke Houthi Yaman, Irak dan Suriah.

“Kami bermaksud melakukan serangan tambahan, dan tindakan tambahan, untuk terus mengirimkan pesan yang jelas bahwa Amerika Serikat akan merespons ketika pasukan kami diserang, ketika rakyat kami terbunuh,” kata Sullivan dikutip dari Alarabiya, Senin (4/2/2024).

Baca juga: Israel Kalah di Gaza, AS Geser Konflik ke Yaman, dan Berikutnya Iran

Dalam beberapa hari terakhir, AS dan Inggris menyasar kelompok Houthi di Yaman yang berpihak pada Iran pada Sabtu malam, sehari setelah militer AS menyerang kelompok yang didukung Teheran di Irak dan Suriah sebagai pembalasan atas serangan mematikan terhadap pasukan AS di Yordania.

Serangan tersebut merupakan pukulan terbaru dalam konflik yang telah menyebar ke Timur Tengah sejak 7 Oktober, ketika kelompok militan Palestina yang didukung Iran, Hamas, menyerbu Israel dari Jalur Gaza, sehingga memicu perang.

Kelompok-kelompok dukungan Iran yang menyatakan dukungannya terhadap Palestina telah memasuki konflik di seluruh kawasan: Hizbullah telah menembaki sasaran-sasaran Israel di perbatasan Lebanon-Israel, milisi Irak telah menembaki pasukan AS di Irak dan Suriah, dan Houthi telah menembaki kapal-kapal yang berlayar di wilayah tersebut.

BERITA TERKAIT

Iran sejauh ini menghindari peran langsung dalam konflik tersebut, meskipun Iran dituding mendukung kelompok-kelompok tersebut. Pentagon mengatakan pihaknya tidak menginginkan perang dengan Iran dan tidak yakin Teheran juga menginginkan perang.

Sullivan menolak menjawab apakah AS akan menyerang situs-situs di Iran, sesuatu yang sangat berhati-hati untuk dihindari oleh militer AS.

Berbicara dalam program “Face the Nation” di CBS beberapa saat sebelumnya, ia mengatakan serangan pada hari Jumat adalah “awal, bukan akhir, dari respons kami, dan akan ada langkah-langkah lebih lanjut – ada yang terlihat, ada yang mungkin tidak terlihat.”

“Saya tidak akan menggambarkannya sebagai kampanye militer terbuka,” katanya.

Serangan hari Sabtu di Yaman menghantam fasilitas penyimpanan senjata, sistem rudal, peluncur dan kemampuan lain yang terkubur yang digunakan Houthi untuk menyerang kapal-kapal Laut Merah, kata Pentagon, seraya menambahkan bahwa pihaknya menargetkan 13 lokasi.

Baca juga: IDF Klaim Bunuh 200 Pasukan Hizbullah dan Masih Upayakan Putus Rantai Pasok Amunisi dari Iran

Juru bicara militer Houthi Yahya Saree mengatakan serangan itu “tidak akan terjadi tanpa tanggapan dan konsekuensi.”

Juru bicara Houthi lainnya, Mohammed Abdulsalam, mengindikasikan bahwa kelompok tersebut tidak akan tergoyahkan, dan mengatakan bahwa keputusan Yaman untuk mendukung Gaza tidak akan terpengaruh oleh serangan apa pun.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas