Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penjualan McDonald's Turun Drastis, Gagal Capai Target karena Dianggap Mendukung Israel

Penjualan McDonald's Turun Drastis, gagal mencapai target karena dianggap mendukung Israel dalam Genosida di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Penjualan McDonald's Turun Drastis, Gagal Capai Target karena Dianggap Mendukung Israel
healthline.com
Perusahaan makanan siap saji, McDonald’s dilaporkan akan menutup kantornya yang berada di Amerika Serikat (AS) mulai pekan ini. 

Penjualan McDonald's Turun Drastis, Gagal Capai Target karena Dianggap Mendukung Israel

TRIBUNNEWS.COM- Penjualan McDonald's Turun Drastis, gagal mencapai target karena dianggap mendukung Israel dalam Genosida di Gaza.

Restoran cepat saji, McDonald's mengalami penurunan penjualan setelah memberikan makanan gratis kepada tentara Israel.

McDonald's pada hari Senin mengatakan ketegangan yang sedang berlangsung di Timur Tengah memberikan dampak buruk pada bisnisnya.

Dalam laporan kuartal keempat dan setahun penuh tahun 2023 yang dirilis Senin, jaringan burger yang berbasis di Chicago mengatakan penjualan di bisnis pasar berlisensinya – yang mencakup sebagian besar lokasinya di Timur Tengah – hanya meningkat 0,7 persen pada kuartal terakhir.

Perusahaan tersebut mengatakan rendahnya jumlah tersebut mencerminkan dampak perang antara Israel dan pejuang Palestina di Timur Tengah.

Angka ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan penjualan perusahaan secara keseluruhan sebesar 3,4 persen dan pertumbuhan bisnis mereka di AS dan internasional lainnya, yang masing-masing meningkat lebih dari 4 persen, kata laporan itu.

Baca juga: Gara-gara Makanan Gratis untuk Pasukan Israel saat Genosida di Gaza, McDonald Alami Kerugian Besar

Laporan hari Senin menandai perubahan signifikan dari tahun lalu, ketika bisnis pasar berlisensi perusahaan merupakan sektor dengan kinerja terbaik, dengan pertumbuhan penjualan lebih dari 16 persen.

BERITA REKOMENDASI

CEO McDonald’s Chris Kempczinski mengatakan dalam laporan pendapatannya pada hari Senin bahwa perusahaannya melihat dampak paling nyata di Timur Tengah, bersama dengan negara-negara Muslim lainnya termasuk Malaysia dan Indonesia.

“Juga, seperti yang kami sampaikan dalam sambutan kami, pandangan kami adalah, selama konflik dan perang ini masih berlangsung, kami tidak membuat rencana apa pun, kami tidak mengharapkan adanya perbaikan signifikan dalam hal ini,” Kempczinski mengatakan kepada investor.

“Apa yang terjadi ini adalah sebuah tragedi kemanusiaan, dan menurut saya hal ini membebani merek-merek seperti kami.”

Perusahaan makanan cepat saji tersebut mendapat sorotan setelah McDonald's Israel membagikan ribuan makanan gratis kepada pasukan dan warga Israel menyusul serangan mendadak Hamas di Israel selatan.

Tindakan tersebut memicu seruan untuk memboikot perusahaan tersebut sebagai protes atas pemboman Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 27.400 orang sejak Oktober lalu, menurut Kementerian Kesehatan wilayah tersebut.


Gara-gara Makanan Gratis untuk Pasukan Israel 

McDonald mengalami kerugian besar pertama bagi raksasa rantai makanan cepat saji asal Amerika Serikat itu dalam periode hampir 4 tahun.

McDonald mengalami kemerosotan penjualan Triwulanan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas