Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Spanyol Berjanji Tambah Pendanaan UNRWA, Irlandia Guyana Malaysia Belgia dan Norwegia Tetap Dukung

Spanyol telah berjanji untuk mengirimkan bantuan tambahan senilai $3,8 juta kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Spanyol Berjanji Tambah Pendanaan UNRWA, Irlandia Guyana Malaysia Belgia dan Norwegia Tetap Dukung
Mahmoud Sabbah/Anadolu Agency
Pemandangan Sekolah Palestina UNRWA yang hancur pasca serangan Israel menghantam Kamp Jabalia di Jabalia, Gaza pada 12 Desember 2023. 

Spanyol Berjanji Tambah Pendanaan UNRWA, Irlandia Guyana Malaysia Belgia dan Norwegia Tetap Dukung

TRIBUNNEWS.COM- Spanyol telah berjanji untuk mengirimkan bantuan tambahan senilai $3,8 juta kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), Menteri Luar Negeri Jose Manuel Albares mengatakan kepada anggota parlemen pada tanggal 5 Februari.

Langkah Spanyol ini dilakukan setelah negara-negara barat, termasuk Australia, Perancis, Amerika Serikat, dan lainnya, memutuskan untuk menghentikan pendanaan kepada badan bantuan tersebut menyusul laporan Israel yang menuduh 12 anggota staf UNRWA berpartisipasi dalam Operasi Banjir Al-Aqsa yang dilakukan perlawanan Palestina pada tanggal 7 Oktober.




Spanyol menyumbangkan hampir $20 juta kepada UNRWA pada tahun 2023, termasuk $10,8 juta yang disetujui pada bulan Desember setelah keputusan untuk melipatgandakan bantuan pembangunan dan kemanusiaan ke wilayah Palestina.

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh baru-baru ini mengumumkan bahwa lima negara telah mengkonfirmasi niat mereka untuk melanjutkan pendanaan kepada badan PBB tersebut. Kanada disebutkan sebagai salah satu negara, sementara empat negara lainnya masih dirahasiakan.

Guyana juga menjanjikan $150.000. Negara Karibia tersebut mengatakan dukungan finansial ini sejalan dengan seruannya untuk memberikan tanggapan internasional yang lebih kuat terhadap krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza.

Baca juga: Raja Arab Kucurkan Rp 78 Miliar untuk Danai Operasi UNRWA di Gaza

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan bahwa Kuala Lumpur akan melanjutkan dukungannya untuk UNRWA dan meningkatkan pendanaannya jika diperlukan.

BERITA TERKAIT

“Orang-orang sekarat, anak-anak sekarat, perempuan dibunuh, dan Anda mengambil satu atau dua poin teknis, bahkan jika ada dasar, Anda tidak berhenti memberi makan bayi,” kata perdana menteri.

Irlandia, Belgia, dan Norwegia juga berjanji untuk melanjutkan dukungan keuangan mereka kepada UNRWA, dan menekankan bahwa kebutuhan kemanusiaan di Gaza harus tetap dipertimbangkan.

Anggota berbagai cabang PBB sebelumnya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “penarikan dana dari UNRWA berbahaya dan akan mengakibatkan runtuhnya sistem kemanusiaan di Gaza, yang mempunyai konsekuensi kemanusiaan dan hak asasi manusia yang luas di wilayah pendudukan Palestina dan di seluruh wilayah tersebut. ”

Meskipun tuduhan Israel terhadap staf UNRWA ditanggapi dengan serius, Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini, dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, mengatakan bahwa Tel Aviv tidak memberikan bukti atas tuduhan tersebut kepada badan tersebut.

“Secara umum, tidak ada seorang pun di Israel yang menyukai mandat UNRWA, dan semakin dogmatis mandat tersebut, mereka semakin ingin UNRWA dieliminasi,” tambah Lazzarini.

Di pihak AS, Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah menunjukkan bahwa Washington menganggap remeh klaim Israel, dengan mengatakan kepada Times of Israel, “Kami sendiri belum memiliki kemampuan untuk menyelidiki [tuduhan tersebut]. Tapi mereka sangat, sangat kredibel.”

Spanyol berjanji untuk meningkatkan pendanaan UNRWA. Irlandia, Guyana, Malaysia, Belgia, dan Norwegia juga mengatakan mereka akan terus mendukung badan PBB tersebut

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas