Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Bom Lebanon Saat Menlu Iran Datang, Petinggi Hamas Selamat, Mabes Galilea IDF Hujan Roket

Hizbullah membalas upaya pembunuhan yang dilaporkan terhadap seorang pemimpin Hamas dengan mengebom markas besar Divisi Galilea tentara Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Bom Lebanon Saat Menlu Iran Datang, Petinggi Hamas Selamat, Mabes Galilea IDF Hujan Roket
(Photo Credit: Mohammad Zaatari/AP)
SASAR PETINGGI HAMAS - TKP serangan pesawat tak berawak Israel yang menghantam desa Jadra di Lebanon tengah, di selatan ibu kota Beirut, pada Sabtu (10 Februari 2024). Setidaknya tiga orang tewas akibat serangan ini. Menurut media Israel, sasaran serangan ini adalah komandan Hamas Basel Salah, yang dikabarkan selamat. 

Israel Bom Lebanon Saat Menlu Iran Datang, Petinggi Hamas Selamat, HIzbullah Balas Serang Mabes Galilea IDF

TRIBUNNEWS.COM - Setidaknya tiga orang dilaporkan tewas akibat serangan pesawat tak berawak Israel yang menghantam desa Jadra di Lebanon tengah, di selatan ibu kota Beirut, Sabtu (10/2/2024).

Menurut media Israel, sasaran serangan ini adalah komandan Hamas Basel Salah, yang dikabarkan selamat.

Serangan pesawat tak berawak tersebut menandai serangan terdalam kedua Israel di Lebanon dan serangan pertama di distrik Chouf sejak dimulainya pertempuran lintas batas pada 8 Oktober.

Baca juga: Rudal Hizbullah Makin Dalam Serang Teritori Israel, Sistem Pengawas di Peternakan Shebaa Kena Bom

Setelah serangan itu, Hizbullah mengatakan pasukannya meluncurkan salvo roket ke barak militer Branit di Israel utara, markas besar Divisi Galilea tentara IDF.

Kelompok perlawanan Hizbullah juga menyatakan pelumpuhan pesawat pengintai Skylark Israel pada Sabtu.

Baca juga: India Pasok Puluhan Drone Canggih Hermes 900 ke Israel Buat Gempur Hamas: Bodi Aerokomposit Karbon

Serangan Saat Menlu Iran Datang

Tindakan perang terbaru Israel di tanah Lebanon terjadi pada hari yang sama ketika Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengunjungi Beirut untuk bertemu dengan Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah dan Perdana Menteri sementara Najib Mikati.

BERITA TERKAIT

Dalam pembicaraannya dengan Mikati, Amir-Abdollahian menekankan “perlunya semua upaya bersatu untuk menghentikan agresi Israel terhadap Gaza dan untuk menjamin solusi yang adil bagi semua negara di kawasan.”

Mikati, pada bagiannya, menekankan,  krisis yang melanda wilayah tersebut “berbelit-belit” dan mengatakan “sangat penting untuk mendesak gencatan senjata,” menurut pernyataan dari pemerintah Lebanon.

Dalam pertemuan Amir-Abdollahian dengan Nasrallah, pemimpin Hizbullah memuji posisi Teheran dalam mendukung rakyat Palestina dan menyebut kemenangan Poros Perlawanan sebagai kemenangan yang “pasti dan pasti.”

Baca juga: Komite Perlawanan Palestina: Hizbullah-Houthi-Kataib Hizbullah Bersatu, Awal Habisnya Israel

Pasukan Hizbullah telah melakukan operasi harian selama empat bulan terakhir dengan sasaran di Israel utara untuk mendukung perlawanan Palestina di Gaza.

Pada Jumat (9/2/2024), Hizbullah menghantam barak tentara Kila di Dataran Tinggi Golan Suriah untuk pertama kalinya sejak dimulainya konflik saat ini sebagai pembalasan atas serangan Israel terhadap beberapa rumah di Lebanon selatan.

Operasi Hizbullah telah memaksa lebih dari 200.000 pemukim Israel meninggalkan rumah mereka di utara, sehingga wilayah tersebut hampir kosong.

Di seberang perbatasan, serangan Israel telah menyebabkan kerusakan senilai $1,2 miliar akibat hancurnya jalan, bangunan, dan ladang pertanian.

Baca juga: Petani di Pemukiman Utara Takut Serangan Hizbullah, Pertanian Israel Hancur: Rugi Rp 2 Triliun 

AS Minta Pasukan Hizbullah Mundur

Pasukan elite Radwan Hizbullah dilaporkan menyiapkan pembalasan atas terbunuhnya seorang komandan senior unit mereka, Jawad Al-Taweel. Satu di antara kekhawatiran adalah Pasukan Radwan menjalankan misi masuk menyerbu ke Israel yang akan menghasilkan perang front kedua di Israel. IDF diketahui tengah menggempur Gaza untuk menumpas Hamas.
Pasukan elite Radwan Hizbullah dilaporkan menyiapkan pembalasan atas terbunuhnya seorang komandan senior unit mereka, Jawad Al-Taweel. Satu di antara kekhawatiran adalah Pasukan Radwan menjalankan misi masuk menyerbu ke Israel yang akan menghasilkan perang front kedua di Israel. IDF diketahui tengah menggempur Gaza untuk menumpas Hamas. (i24)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas