Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ajukan RUU ke Knesset, Netanyahu Berniat Tolak Pembentukan Negara Palestina

Netanyahu mengajukan RUU ke Knesset. PM Israel itu berniat untuk menolak pembentukan negara Palestina dan ingin menduduki Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Ajukan RUU ke Knesset, Netanyahu Berniat Tolak Pembentukan Negara Palestina
RONEN ZVULUN / POOL / AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin rapat kabinet mingguan di Kementerian Pertahanan di Tel Aviv pada 7 Januari 2024. --- Netanyahu ajukan RUU ke Knesset yang menolak pembentukan negara Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan Israel akan menolak segala upaya yang berujung pada pembentukan negara Palestina.

Netanyahu menganggap Palestina yang merdeka adalah ancaman bagi Israel.

Selain itu, ia bersikeras untuk mempertahankan kontrol keamanan penuh atas Tepi Barat dan Jalur Gaza, baik dengan atau tanpa pemukiman permanen.

"Saya mengajukan kepada pemerintah sebuah proposal yang menyatakan bahwa Israel akan menentang upaya untuk memaksakan pembentukan negara Palestina secara sepihak," kata Netanyahu, Senin (19/2/2024).

Usulan tersebut menghadapi perbedaan pendapat di dalam pemerintahan Israel.

Menurut Netanyahu, pro dan kontra terhadap usulan ini menunjukkan perlunya persatuan pemerintah Israel untuk menolak perintah internasional yang mendorong berdirinya negara Palestina yang merdeka.

"Saya telah menyampaikan kepada Parlemen Knesset terkait undang-undang yang konsisten dengan keputusan Dewan Menteri untuk menolak dikte internasional yang berupaya mendorong pembentukan negara Palestina," katanya.

BERITA TERKAIT

Netanyahu memperkirakan undang-undang yang diusulkan akan mendapat dukungan luas.

"Undang-undang tersebut akan menunjukkan kepada dunia bahwa ada kesepakatan luas terhadap upaya internasional untuk memaksakan negara Palestina pada kita," lanjutnya, dikutip dari Wattan.

Netanyahu Akui Halangi Pembentukan Negara Palestina

Dalam pernyataannya, Netanyahu mengakui dirinya adalah orang yang menghalangi pembentukan negara Palestina selama puluhan tahun.

Baca juga: Israel Ingin Perpanjang Agresi, Qatar: Netanyahu Berniat Tunda Kesepakatan Sandera

“Semua orang tahu bahwa sayalah yang selama beberapa dekade menghalangi pembentukan negara Palestina yang akan membahayakan keberadaan kita,” katanya, dikutip dari Anadolu.

Dengan atau tanpa pemukiman ilegal Israel, Netanyahu akan tetap berupaya mengendalikan Jalur Gaza dan Tepi Barat.

“Posisi saya tetap jelas. Dalam situasi apa pun, baik dengan atau tanpa pemukiman permanen, Israel akan mempertahankan kendali keamanan penuh atas seluruh wilayah barat Yordania, dan ini tentu saja termasuk Tepi Barat dan Jalur Gaza," katanya.

PBB memberikan status pengamat Palestina pada tahun 2012, dan di antara 193 negara anggota PBB.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas