Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Gertak Israel Pakai Rudal Kheibar Sekhan, Sanggup Hancurkan Markas IDF di Jangkauan 1.450 Km

Rudal Kheibar Shekan yang dimiliki dapat meluluhlantakkan markas militer Israel, yang jaraknya mencapai 1.450 kilometer hanya dengan sekali tembakan.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Iran Gertak Israel Pakai Rudal Kheibar Sekhan, Sanggup Hancurkan Markas IDF di Jangkauan 1.450 Km
Iran Press
Rudal Kheibar Shekan milik Iran dapat meluluhlantakkan markas militer Israel, yang jaraknya mencapai 1.450 kilometer. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN – Konflik Timur Tengah yang tak kunjung mereda memancing militer Iran meluncurkan rudal canggih baru yang diberi nama Kheibar Shekan.

Dikembangkan oleh IRGC, Kheibar Shekan yang mendapat julukan sebagai “Penghancur Benteng”  ditenagai oleh bahan bakar padat sehingga hulu ledaknya bisa bermanuver dengan gesit menuju target musuh.

Dengan kemampuan tersebut, Kheibar Shekan dapat meluluhlantakkan markas militer Israel, yang jaraknya mencapai 1.450 kilometer.

Bahkan pada 9 Februari kemarin empat rudal Kheibar Shekan sukses meratakan markas pasukan Mossad di Tel Aviv.

Diluncurkan tahun 2022, Kheibar Shekan yang dibekali dengan sirip aerodinamis kecil diklaim sebagai senjata canggih yang dapat menghindari serangan sistem pertahanan udara tradisional milik musuh, sebagaimana dikutip dari New York times.

Berkat kecanggihan tersebut rudal Kheibar Shekan kini menjadi proyek favorit Korps Pengawal Revolusi Islam Iran.

BERITA REKOMENDASI

Para diplomat dan pakar sepakat bahwa aksi Iran menembakkan rudal ke arah musuh-musuhnya yang dianggap membahayakan negara.

“Ini adalah era baru di mana Iran dapat mengerahkan kekuatan mereka. sesuai keinginannya dan, sebagai manfaat tambahan, memperkuat kredibilitasnya sebagai pemasok senjata yang penting,” ujar sumber yang mengetahui masalah itu.

Selain meluncurkan Kheibar Shekan, mengutip dari The Times oF Israel Pemerintah Iran juga turut memamerkan dua sistem rudal pertahanan udara baru.

Baca juga: Gertak Netanyahu, Iran Tembakan Rudal Balistik dari Atas Kapal, Jadi Kali Pertama Sejak Perang Pecah

Yakni sistem anti-balistik taktis Arman (Aspiration) yang dapat mendeteksi dan melacak 24 target pada jarak 180 kilometer jangkauan 360 derajat di ketinggian 27 km dari permukaan tanah.

Kemudian ada Azarakhsh (Thunderbolt), sistem radar 3D canggih dan sistem pelacakan optik dapat mendeteksi dan menghancurkan target di segala kondisi cuaca hingga jarak 50 km dengan 4 rudal siap tembak.

Baca juga: AS Lancarkan Serangan Siber ke Kapal Perang Iran di Laut Merah, Cegah Oper Data Intelijen ke Houthi

“Hari ini, kita menyaksikan terungkapnya dua pencapaian besar industri pertahanan,” ujar Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Mohammad-Reza Ashtiani.

Dengan rilis berbagai senjata canggih tersebut, Iran menunjukkan kemampuan untuk menanggapi ancaman atau agresi dengan kekuatan yang signifikan.

Peluncuran ini juga mengirimkan pesan kepada sekutu dan musuh bahwa Iran kini memiliki kemampuan untuk mencapai target strategis di tengah konflik Timur Tengah yang memanas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas