Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brasil Balas Tanggapan Israel Anggap Komentar Presiden Lula Keterlaluan, Israel Sama dengan Hitler

Brasil membalas tanggapan Israel yang ‘keterlaluan’ terhadap komentar Lula. Para pejabat Israel menuduh presiden Brazil antisemitisme

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Brasil Balas Tanggapan Israel Anggap Komentar Presiden Lula Keterlaluan, Israel Sama dengan Hitler
Tangkapan layar Twitter
Presiden Brasil, Luiz Inácio Lula da Silva mengatakan, Israel telah melakukan Genosida di Gaza, Yang dilakukan Israel sama seperti yang pernah dilakukan Adolf Hitler di masa lalu. Bedanya, Adolf Hitler melakukannya kepada orang Yahudi di masa lalu, di masa sekarang ini orang-orang Israel melalui tentaranya dengan amunisi yang modern mereka melakukannya kepada warga Palestina. 

Brasil Membalas Tanggapan Israel yang Menganggap Keterlaluan Terhadap Komentar Presiden Lula

TRIBUNNEWS.COM- Brasil membalas tanggapan Israel yang ‘keterlaluan’ terhadap komentar Lula. Para pejabat Israel menuduh presiden Brazil antisemit  setelah dia membandingkan kekerasan Israel dengan kekerasan Nazi.

Tanggapan Israel terhadap komentar baru-baru ini yang dibuat oleh Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengenai Jalur Gaza “tidak dapat diterima” dan “tidak benar,” kata Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira pada 20 Februari.

Komentar yang dibuat oleh Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz tentang Lula "tidak dapat diterima sifatnya dan isinya bohong," kata Vieira pada hari Selasa. Dia menambahkan bahwa komentar Katz “keterlaluan.”

“Bagi Kementerian Luar Negeri yang menangani kepala negara dari negara sahabat dengan cara seperti ini adalah hal yang tidak biasa dan menjijikkan. Ini adalah halaman yang memalukan dalam sejarah diplomasi Israel,” lanjut diplomat Brazil tersebut, seraya menambahkan bahwa Israel sedang mencoba untuk melakukan hal tersebut. menutupi kejahatannya di Gaza dengan tabir asap.

Katz menuduh Lula pada 19 Februari melakukan "serangan antisemit yang serius". Menteri Luar Negeri Israel mengatakan Israel tidak akan “memaafkan atau melupakan” apa yang dikatakan presiden Brasil tersebut, dan menambahkan bahwa dia adalah “persona non grata di Israel sampai dia mengambilnya kembali.”

Pada tanggal 18 Februari, kepala negara Brasil membandingkan genosida Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza dengan Holocaust Nazi.

Baca juga: Panasnya Hubungan Israel-Brasil Akibat Komentar Presiden Lula da Silva soal Genosida di Gaza

BERITA TERKAIT

“Apa yang terjadi di Jalur Gaza bukanlah perang; ini adalah genosida. Ini bukan perang tentara melawan tentara. Ini adalah perang antara tentara yang sangat siap dengan perempuan dan anak-anak. Apa yang terjadi di Jalur Gaza dengan rakyat Palestina belum terjadi. Ini tidak terjadi pada momen lain dalam sejarah. Sebenarnya, hal itu pernah terjadi: ketika Hitler memutuskan untuk membunuh orang-orang Yahudi,” kata Lula.

Kementerian Luar Negeri Israel memanggil duta besar Brasil untuk Israel, Federico Meyer, pada 19 Februari. Sebagai tanggapan, Kementerian Luar Negeri Brazil memanggil duta besar Israel untuk negara Amerika Latin, Daniel Zonshinem, dan memanggil Meyer dari Tel Aviv untuk berkonsultasi.

Komentar presiden Brasil tersebut telah membuat marah Israel. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Lula telah "melewati garis merah" dengan membandingkan Israel dengan Nazi, dan menyebut kritiknya sebagai "penghinaan terhadap Holocaust dan upaya untuk menyerang orang-orang Yahudi dan hak Israel untuk membela diri."

Brasil telah vokal mengenai serangan Israel di Gaza dan telah berulang kali mengkritik Tel Aviv sejak dimulainya perang. Ini bukanlah pernyataan pertama Lula yang menyebut tindakan Israel di Gaza sebagai genosida.

Apa yang terjadi di Gaza “bukanlah perang. Ini adalah genosida yang menyebabkan terbunuhnya [ribuan] anak-anak yang tidak ada hubungannya dengan perang ini. Mereka adalah korban perang ini,” kata Lula pada bulan Oktober.

Beberapa pemimpin Amerika Latin lainnya telah menyatakan penolakan mereka terhadap tindakan Israel, termasuk kepemimpinan Chili, Kuba, Kolombia, dan Bolivia.

Presiden Bolivia dan Kolombia secara terbuka mendukung Lula dan kritiknya terhadap Israel menyusul tuduhan antisemitisme Tel Aviv.

“Lula hanya mengatakan kebenaran, dan kebenaran harus dipertahankan, atau barbarisme akan memusnahkan kita,” kata Presiden Kolombia Gustavo Petro.

Presiden Bolivia Luis Arce memuji Lula karena "mengatakan kebenaran tentang genosida … terhadap rakyat Palestina yang pemberani."

Pertikaian diplomatik antara Brasil dan Israel terjadi ketika pasukan Israel bersiap melancarkan serangan terhadap Rafah, kota paling selatan yang berpenduduk padat di Gaza.

Lebih dari satu juta warga Palestina – banyak di antaranya mengungsi dari wilayah lain di Gaza – terdampar di Rafah. Serangan terencana terhadap kota tersebut menimbulkan ancaman bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas