Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Knesset Israel Sepakat Tidak Mengakui Adanya Negara Palestina, Netanyahu Girang, Kebijakan Rasis

Knesset Israel akhirnya memberikan suara untuk menentang pengakuan negara Palestina.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Knesset Israel Sepakat  Tidak Mengakui Adanya Negara Palestina, Netanyahu Girang, Kebijakan Rasis
Ohad Zwigenberg / POOL / AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (tengah) diberi nasihat saat memimpin rapat kabinet di pangkalan militer Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 24 Desember 2023. 

Israel Sepakat untuk Tidak Mengakui Negara Palestina, Benjamin Netanyahu Girang, Kebijakan Rasis

TRIBUNNEWS.COM- Knesset Israel akhirnya memberikan suara untuk menentang pengakuan negara Palestina.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji hasil pemungutan suara tersebut dan menyebutnya sebagai pesan yang jelas kepada komunitas internasional.




Mayoritas anggota Knesset memilih bahwa Israel tidak akan mengakui pembentukan negara Palestina pada 21 Februari.

“Saya mengucapkan selamat kepada anggota Knesset dari koalisi dan oposisi yang mendukung proposal saya yang menentang pembentukan negara Palestina,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Knesset hari ini bersatu dengan mayoritas menentang upaya mendikte pembentukan negara Palestina. Dikte ini akan merusak perdamaian dan mengirimkan pesan yang jelas kepada komunitas internasional.”

Netanyahu menyebut kemenangannya di Knesset sebagai pencapaian perdamaian "sebelum kita mencapai kemenangan penuh melawan Hamas."

Baca juga: Ajukan RUU ke Knesset, Netanyahu Berniat Tolak Pembentukan Negara Palestina

BERITA TERKAIT

Politisi Israel Yair Lapid, yang partainya mendukung mosi tersebut, mengatakan bahwa Netanyahu membuat ancaman yang tidak ada.

“Anda tahu bahwa Anda menciptakan ancaman yang tidak ada,” desak Lapid kepada Netanyahu.

"Saya memiliki hubungan yang lebih baik dibandingkan Anda dengan pemerintahan Amerika, dan tidak ada usulan sepihak yang diajukan oleh seorang pejabat. Anda membuat perubahan. Partai saya dan saya menentang tindakan sepihak, jadi kami memberikan suara mendukung, meskipun tidak ada tindakan ancaman seperti itu."

Anggota Knesset lainnya, seperti Ahmed Odeh, lebih kritis terhadap politik Netanyahu, dengan mengatakan bahwa Netanyahu mempunyai "kebijakan rasis" dan keluarnya dia dari politik akan membebaskan kedua negara dari [dia]."

Menanggapi pernyataan Odeh, anggota Knesset Hanoch Milevetsky berkata, Tidak akan ada negara Palestina yang hidup, Anda akan mati, anak-anak Anda akan mati, cucu-cucu Anda akan mati, tidak akan ada negara Palestina, tidak akan ada.”

Baca juga: Israel Tetap Tolak Pengakuan Negara Palestina, Minta Perundingan Langsung Tanpa Prasyarat

Kemarahan lebih besar terjadi antara 99 orang yang menentang pengakuan negara Palestina dan sembilan orang yang memilih menentang usulan Netanyahu dan Gantz.

“Negara Palestina akan didirikan [meskipun ada oposisi],” kata pemimpin partai Ta’al Ahmad Tibi, yang ditanggapi oleh politisi sayap kanan Itamar Ben Gvir, “Pergilah ke Suriah, teroris!”

Politisi sayap kanan tersebut kemudian berkata di media sosial, “Selama saya berada di pemerintahan, negara Palestina tidak akan didirikan!”

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas