Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Undang Hamas, Fatah, PIJ ke Moskow, Faksi Palestina Siap Bahas Agresi Israel di Gaza

Rusia mengundang Hamas, Fatah, PIJ ke Moskow pada 29 Februari-2 Maret 2024. Berbagai faksi Palestina akan membahas agresi Israel di Gaza.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Rusia Undang Hamas, Fatah, PIJ ke Moskow, Faksi Palestina Siap Bahas Agresi Israel di Gaza
FOTO AFP / MOHAMMED ABED
Juru bicara Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer gerakan Islam Palestina Hamas yang menguasai Gaza, Abu Ubaida (kanan) memberikan konferensi pers di Kota Gaza pada 9 April 2011. --- Rusia mengundang Hamas, Fatah, PIJ dan faksi Palestina untuk bahas situasi di Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota biro politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), Muhammad Nazzal, mengatakan akan ada pertemuan resmi dengan gerakan Fatah dan faksi Palestina lainnya di ibu kota Rusia, Moskow.

Ia mengatakan tidak ada komunikasi resmi dengan Otoritas Palestina (PA) tentang rencana setelah agresi Israel di Jalur Gaza berakhir.

“Tidak ada komunikasi resmi dengan Otoritas Palestina mengenai rencana sehari setelah perang berakhir,” katanya.

Anggota Hamas tersebut juga mengomentari pernyataan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengenai benteng perlawanan terakhir berada di Rafah.

Menurutnya, perlawanan Hamas terjadi di berbagai wilayah di Jalur Gaza dan tidak terfokus di Rafah.

“Apa yang dikabarkan bahwa benteng terakhir Hamas berada di kota Rafah, selatan Jalur Gaza, adalah taruhan yang kalah, dan perlawanan terjadi di seluruh Jalur Gaza,” katanya, dikutip dari Arabi21.

Nazzal menunjukkan anggota Hamas melakukan pertarungan negosiasi politik yang sengit dan tidak kalah dengan pertarungan yang mereka lakukan di lapangan.

BERITA REKOMENDASI

"Kami melanjutkan proses negosiasi, dan tujuan kami adalah mencapai kepentingan rakyat Palestina," katanya.

Seorang anggota biro politik Hamas lainnya menyatakan prioritasnya saat ini adalah menghentikan agresi dan memberikan bantuan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza, khususnya di utara.

Ia menekankan belum ada kesepakatan dengan Israel untuk menghentikan agresi terhadap Gaza.

“Penjajah menawarkan gencatan senjata sementara untuk pertukaran tahanan, setelah itu mereka akan menyelesaikan operasi militernya di Rafah,” katanya, merujuk pada ambisi Netanyahu untuk menyerang Rafah, tempat 1,4 juta pengungsi Palestina.

Baca juga: Rusia Kecam Pendudukan Israel di Hadapan Mahkamah Internasional: Hentikan Semua Aktivitas Mereka

Rusia Mengundang Faksi Palestina

Pada pertengahan Februari 2024, Rusia mengundang para pemimpin Hamas, Jihad Islam Palestina (PIJ), Fatah dan faksi Palestina lainnya untuk menghadiri "Pembicaraan Moscow" pada 29 Februari 2024.

Rusia bersedia menjadi tempat faksi-faksi Palestina untuk merundingkan situasi di Jalur Gaza.

“Pembicaraan antara Palestina, mulai tanggal 29 Februari di Moskow, khususnya dengan gerakan Jihad Islam dan Hamas, yang dianggap oleh Israel dan Barat sebagai organisasi teroris,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas