Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Balas Agresi Israel, Hizbullah Bidik Markas Besar Divisi Golan di Nafah dengan 60 Roket Katyusha

Pejuang Hizbullah mengumumkan menargetkan pangkalan Israel dengan 60 rudal.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Balas Agresi Israel, Hizbullah Bidik Markas Besar Divisi Golan di Nafah dengan 60 Roket Katyusha
tangkap layar
Sistem peluncur rudal Falaq yang menjadi flagship dari gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah. 

Balas Agresi Israel, Hizbullah Bidik Markas Besar Divisi Golan di Nafah dengan 60 Roket Katyusha

TRIBUNNEWS.COM- Pejuang Hizbullah mengumumkan menargetkan pangkalan Israel dengan 60 rudal.

Pada hari Senin, Hizbullah mengumumkan bahwa mereka membom markas besar divisi militer Israel di Dataran Tinggi Golan dengan enam puluh roket Katyusha, dalam sebuah penargetan yang menurut mereka adalah “sebagai tanggapan” terhadap serangan yang menargetkan Lebanon timur dan menyebabkan dua orang tewas di antara anggotanya.

Partai tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejuangnya menargetkan markas besar Divisi Golan di Nafah dengan enam puluh roket Katyusha.

Itu dilakukan sebagai tanggapan terhadap agresi Zionis di sekitar kota Baalbek dan serangan terhadap desa-desa dan rumah-rumah warga sipil.

Dua anggota Hizbullah tewas akibat serangan yang dilancarkan Israel di Lebanon timur, untuk pertama kalinya sejak dimulainya eskalasi lintas batas.

Dikatakan bahwa mereka menargetkan sistem pertahanan udara milik partai tersebut, sebagai tanggapan atas jatuhnya pesawat tersebut. dari salah satu drone-nya di pagi hari.

Baca juga: Dronenya Kena Rudal, Israel Serang Lebanon Jauh ke Dalam: Komandan Komando Timur Hizbullah Tewas

BERITA TERKAIT

Setidaknya dua penyerangan, menurut sumber keamanan di Lebanon kepada Agence France-Presse, menargetkan sebuah bangunan dan gudang milik Hizbullah di sekitar kota Baalbek, yang merupakan benteng utama di wilayah Bekaa (timur).

Dalam pernyataan selanjutnya, tentara Israel mengumumkan bahwa para pejuangnya menargetkan lokasi yang digunakan oleh sistem pertahanan udara Hizbullah sebagai respons terhadap penembakan rudal permukaan-ke-udara ke drone Hermes 450 yang jatuh hari Senin.

Hizbullah mengumumkan pada Senin pagi bahwa para pejuangnya menembak jatuh sebuah drone besar Israel Hermes 450 dengan rudal permukaan-ke-udara di atas wilayah Iqlim al-Tuffah, yang terletak sekitar 20 kilometer dari perbatasan.

Serangan Israel ini adalah yang pertama yang menargetkan Hizbullah di luar wilayah selatan sejak dimulainya baku tembak antara kedua belah pihak setelah perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Di Lebanon selatan, Israel menargetkan sebuah mobil di kota Al-Majadil, yang terletak sekitar 15 kilometer dalam garis lurus dari titik perbatasan terdekat.

Seorang paramedis di kawasan itu mengatakan, satu jenazah telah ditemukan, namun belum jelas siapa sasarannya dan berapa jumlah korbannya.

Sejak sehari setelah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilancarkan oleh Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober, perbatasan Lebanon telah menyaksikan peningkatan eskalasi antara Hizbullah dan Israel.

Sementara Hizbullah mengumumkan penargetan situs-situs Israel, perangkat mata-mata, dan pertemuan militer untuk mendukung Gaza dan untuk mendukung perlawanannya, tentara Israel menanggapinya dengan pemboman udara dan artileri, yang dikatakan menargetkan infrastruktur dan gerakan pejuang di dekat perbatasan.

Eskalasi yang terjadi selama lebih dari empat bulan menyebabkan puluhan ribu warga di kedua sisi perbatasan mengungsi dari rumah mereka.

Di Lebanon, lebih dari 89.000 orang mengungsi dari kota-kota mereka, terutama kota-kota perbatasan, sementara eskalasi tersebut mengakibatkan kematian sedikitnya 280 orang, termasuk 193 pejuang Hizbullah dan 44 warga sipil, menurut penghitungan yang dikumpulkan oleh Agence France-Presse.

Di Israel, tentara menghitung jumlah kematian sepuluh tentara dan sembilan warga sipil.

(Sumber: Sky News Arabia)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas