Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kelompok Pecinta Jepang Gelar Lomba Menulis Bertema Persahabatan Indonesia-Jepang

Para penulis diharapkan dapat fokus kepada upaya memperkuat persahabatan Indonesia-Jepang di masa depan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kelompok Pecinta Jepang Gelar Lomba Menulis Bertema Persahabatan Indonesia-Jepang
Risdiyanti Putri
Kelompok Pecinta Jepang (PJ) menyelenggarakan Lomba Menulis Pecinta Jepang (LMPJ) yang terbuka bagi semua warga negara Indonesia. Foto Kuil Kiyomizudera di Kiyomizu 1-chome, Higashiyama Ward, Kyoto, Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kelompok Pecinta Jepang (PJ) menyelenggarakan Lomba Menulis Pecinta Jepang (LMPJ) yang terbuka bagi semua warga negara Indonesia.

"Penyelenggaraan lomba menulis ini dalam rangka ulang tahun ke-5 Pecinta Jepang yang akan jatuh tanggal 19 Juli mendatang," kata Ngurah Suryadinata, salah seorang Juri LMPJ kepada Tribunnews.com, Senin (4/3/2024).

Tema LMPJ bebas, namun para penulis diharapkan dapat fokus kepada upaya memperkuat persahabatan Indonesia-Jepang di masa depan.

"Berbagai ide untuk mempererat hubungan Indonesia-Jepang di masa depan sangatlah kami nantikan dari para penulis. Tentu saja temanya bebas untuk menyampaikan ide-ide tersebut," lanjutnya.

Baca juga: Pemain Bisbol Shohei Ohtani Menikahi Wanita Jepang, Masih Rahasiakan Identitas Sang Istri

Penulisan bisa berupa kisah kehidupannya selama berlibur di Jepang, pengalaman makan makanan Jepang di restoran Jepang yang ada di Indonesia, bantuan orang Jepang di saat mengalami kesulitan mencari lokasi di Jepang dan segala hal yang dialaminya terkait Jepang.

"Tentu saja tulisan non fiksi, selain tulisan fiksi juga diperkenankan. Yang penting semuanya terkait Jepang dan Indonesia," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Tulisan dinantikan selambatnya 31 Maret 2024 dan empat juara akan ditentukan dengan total hadiah Rp 4 juta tunai.

"Informasi untuk meluaskan berbagai hal terkait Jepang masih sangat dibutuhkan saat ini, antara lain untuk mengantisipasi berbagai hoaks yang bermunculan mengenai Jepang. Rakyat kita jadi bingung kalau ada informasi yang tidak benar mengenai Jepang berseliweran di media sosial," ujarnya.

Ngurah mencontohkan misalnya saat bencana alam besar di Jepang muncul film tsunami yang meluluhlantakkan banyak rumah dan kendaraan di media sosial.

Padahal hanya bencana alam gempa bumi saja, tidak ada tsunami.

"Hal-hal hoax begitulah yang membuat banyak orang tua apalagi yang anaknya sedang berada di Jepang jadi panik. Padahal tidak perlu terjadi hal tersebut," ujarnya.

Para penulis nantinya akan dikumpulkan ke dalam grup Pecinta Jepang sehingga dapat semakin memperkuat dan memperluas jaringan informasi mengenai Jepang khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas