Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Tahu Bocoran Informasi Dampak Bencana yang Bisa Diakibatkan Invasi Rafah oleh Tentara Israel

Bocoran informasi Amerika Serikat mengakui dampak bencana yang bakal diakibatkan oleh invasi Rafah Israel.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in AS Tahu Bocoran Informasi Dampak Bencana yang Bisa Diakibatkan Invasi Rafah oleh Tentara Israel
AFP/AFP
Orang-orang mencari korban di reruntuhan rumah keluarga Baraka di Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah setelah terkena serangan udara Israel pada 18 Februari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok pejuang rakyat Palestina Hamas, dari sejumlah sumber Israel menargetkan Kota Rafah untuk menjadi sasaran berikutnya. (AFP/str) 

AS Tahu Bocoran Informasi, Dampak Bencana yang Diakibatkan oleh Invasi Rafah oleh Tentara Israel

TRIBUNNEWS.COM- Bocoran informasi Amerika Serikat mengakui dampak bencana yang bakal diakibatkan oleh invasi Rafah Israel.

Israel telah mengancam akan menyerang Rafah selama berminggu-minggu, tempat lebih dari satu juta warga Gaza yang mengungsi mencari perlindungan.

Kabel internal yang dibocorkan oleh The Intercept pada tanggal 5 Maret menunjukkan bahwa AS sangat menyadari bencana kemanusiaan yang akan terjadi.

Bencana Kemanusiaan akan terjadi jika Israel melanjutkan rencananya untuk menyerang Rafah, yang diklaim sebagai benteng terakhir Hamas.

Rafah, yang memiliki luas 62 km persegi, dengan lebih dari 1,5 juta warga sipil Palestina menjadi pengungsi internal dan tinggal di kamp-kamp pengungsi, semakin terancam oleh serangan darat Israel.

Potensi invasi ini mendapat kecaman internasional dan meningkatkan keretakan antara Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

BERITA TERKAIT

Namun, AS terus melakukan pengiriman senjata kepada tentara Israel, termasuk masing-masing sekitar seribu bom MK-82 seberat 500 pon dan Joint Direct Attack Munitions (JDAM) KMU-572, meskipun negara Israel terlihat sangat bersemangat untuk menyerang Israel. berpenduduk padat di selatan Gaza.

Kabel yang bocor tersebut menunjukkan bahwa AS mengakui bahwa dampak invasi semacam itu akan sangat dahsyat.

“Potensi peningkatan operasi militer di Kegubernuran Rafah di Gaza Selatan dapat mengakibatkan konsekuensi kemanusiaan yang sangat besar, termasuk jatuhnya korban sipil dalam jumlah besar, perpindahan penduduk dalam jumlah besar, dan runtuhnya respons kemanusiaan yang ada, demikian peringatan beberapa aktor pemberi bantuan kepada Tim Respons Bantuan Bencana Levant USAID,” kabel yang ditulis oleh Biro Bantuan Kemanusiaan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) berbunyi.

Di antara “poin-poin penting” yang disebutkan dalam kabel tersebut, serangan Israel di Rafah akan menghalangi masuknya dan pengangkutan bahan bakar dan bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa di seluruh wilayah kantong tersebut, yang semakin memperburuk keadaan warga Palestina yang telah menghadapi hampir lima krisis kemanusiaan. pengepungan selama sebulan oleh tentara Israel.

Kabel tersebut menjelaskan bahwa tidak ada rencana evakuasi yang layak bagi warga Palestina yang mengungsi di Rafah.

Pilihan Israel terhadap Palestina adalah hidup sebagai pengungsi di Semenanjung Sinai, Mesir, namun Palestina menolak sepenuhnya.

Kabel AS juga mengakui bahwa sebagian besar dari mereka yang tinggal di Rafah, termasuk penduduk lanjut usia, pengungsi yang kelelahan, dan mereka yang memiliki keterbatasan mobilitas, kemungkinan besar akan tetap berada di wilayah tersebut selama potensi operasi militer karena kurangnya alternatif yang layak, sehingga meningkatkan risiko korban massal.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller sebelumnya menyebutkan bahwa AS tidak akan mendukung operasi militer skala penuh di Rafah.

Wakil Presiden AS Kamala Harris mengatakan bahwa Israel harus membuat rencana kemanusiaan yang kredibel sebelum memasuki Rafah, dan kepala USAID Samantha Power mengatakan bahwa AS tidak akan mendukung operasi militer semacam itu tanpa adanya rencana semacam itu.

Amerika Serikat baru-baru ini mengirimkan bantuan ke Gaza karena mereka terus mendukung Israel secara politik dan militer.

Dukungan Australia terhadap Israel kini telah menyebabkan perdana menterinya dirujuk ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) karena dianggap sebagai pendukung genosida di Gaza, sebuah gelar yang mungkin akan segera dilekatkan pada banyak kepala negara yang pro-Israel.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas