Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Setujui Pengiriman Bantuan ke Gaza Lewat Laut, UEA Jadi Koordinator

Israel setujui pengiriman bantuan ke Jalur Gaza lewat laut. UEA jadi koordinator paket bantuan yang transit di Siprus untuk diperiksa terlebih dahulu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Israel Setujui Pengiriman Bantuan ke Gaza Lewat Laut, UEA Jadi Koordinator
Jim WATSON / AFP
Presiden AS Joe Biden berjabat tangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di New York City pada 20 September 2023. -- Israel setujui pengiriman bantuan ke Jalur Gaza melalui laut. 

TRIBUNNEWS.COM - Israel memberi lampu hijau untuk membuka jalur laut dalam memfasilitasi pengiriman bantuan ke Jalur Gaza.

Sebelumnya, Uni Emirat Arab (UEA) menawarkan untuk menjadi koordinator pengiriman bantuan tersebut, yang akan transit di Siprus untuk pemeriksaan sebelum dikirim ke Jalur Gaza.

“Israel memberkati peluncuran jalur laut dari Siprus ke Jalur Gaza," kata Lior Khayat, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel pada Jumat (8/3/2024).

"Inisiatif Siprus akan memungkinkan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, setelah dilakukan pemeriksaan keamanan sesuai standar Israel," lanjutnya.

Langkah ini juga sedang didiskusikan oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang ingin membangun koridor laut untuk mengirim bantuan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza.

“Israel akan terus memberikan bantuan ke Gaza demi kepentingan rakyat Gaza, sesuai dengan hukum perang dan berkoordinasi dengan Amerika Serikat dan sekutu kami di seluruh dunia," kata Lior Khayat.

Di sisi lain, Lior Khayat menegaskan ambisi Israel untuk mengalahkan gerakan perlawanan Palestina, Hamas, di Jalur Gaza.

BERITA REKOMENDASI

"Kami juga akan terus melawan sampai Hamas dilenyapkan dan orang-orang yang diculik pulih," ungkapnya, dikutip dari SkyNews.

UEA, UE, AS Dukung Pembangunan Koridor Bantuan Lewat Laut

Hari ini, Jumat (8/3/2024), Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen mengatakan dia memperkirakan koridor bantuan laut antara Siprus dan Gaza akan mulai beroperasi pada 16-17 Maret 2024.

"Bantuan makanan yang dikumpulkan oleh organisasi amal dengan dukungan UEA dapat meninggalkan Siprus dari pelabuhan Larnaca, pada hari Jumat, dalam uji coba," katanya, setelah mengunjungi fasilitas di Siprus.

Baca juga: AS akan Bangun Pelabuhan Darurat untuk Bantuan Kemanusiaan, Anehnya AS akan Koordinasi dengan Israel

“Kami meluncurkan koridor laut Siprus ini bersama-sama, Uni Eropa, UEA, dan Amerika Serikat,” lanjutnya.

Dia mengatakan mereka akan membuka koridor laut setelah menyelesaikan uji coba yang dimulai pada hari ini.

"Kami berharap itu akan dilakukan pada Sabtu atau Minggu depan. Saya sangat senang melihat peluncuran uji coba awal hari ini," lanjutnya.

AS dan Inggris Bangun Koridor Laut untuk Kirim Bantuan ke Jalur Gaza

AS dan Inggris bekerja sama membangun koridor laut untuk menyalurkan bantuan ke Jalur Gaza, di tengah pengepungan Israel.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas