Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berita Orang Nomor 2 Militer Hamas Tewas, IDF Selidiki Kabar Marwan Issa Buron Tentara Israel

Pasukan Israel tengah melakukan penyelidikan terhadap kabar tewasnya buron orang nomor 2 Hamas, Marwan Issa, dalam serangan di Gaza

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Berita Orang Nomor 2 Militer Hamas Tewas, IDF Selidiki Kabar Marwan Issa Buron Tentara Israel
MENAHEM KAHANA / AFP
Seorang tentara Israel berdiri di pintu masuk terowongan yang diklaim Israel sebagai milik Hamas di al-Bureij di Jalur Gaza, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. Pasukan Israel tengah melakukan penyelidikan terhadap kabar tewasnya buron orang nomor 2 Hamas, Marwan Issa, dalam serangan di Gaza 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Israel tengah melakukan penyelidikan terhadap kabar tewasnya buron mereka, Marwan Issa, dalam serangan di Gaza.

Marwan Issa diketahui sebagai wakil komandan militer Hamas yang tercantum dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron tentara pertahanan Israel (IDF).

Jika kabar tersebut terbukti benar, maka Marwan Issa akan menjadi pejabat tertinggi gerakan militan Islam yang dibunuh oleh Israel dalam perang lima bulan sejak 7 Oktober 2023.




Marwan Issa dikenal sebagai 'Manusia Bayangan' karena kemampuannya untuk menghindar.

Ia adalah salah satu dari tiga pemimpin Hamas yang merencanakan serangan pada 7 Oktober terhadap Israel dan memicu perang, diyakini telah mengarahkan operasi militer Hamas sejak saat itu.

Juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan, Israel telah mengebom kamp pengungsi Al-Nusseirat di Gaza tengah pada Sabtu malam setelah mendapat informasi intelijen tentang lokasi Issa, orang kedua di sayap militer Hamas, Izz el Brigade Deen al-Qassam.

Diberitakan Asia One, dua pemimpin Hamas, Issa dan komandan lainnya yang bertanggung jawab atas senjata Hamas di Gaza, berada di kompleks bawah tanah saat jet Israel menyerang dalam operasi gabungan dengan dinas keamanan Israel Shin Bet, kata Hagari.

BERITA TERKAIT

“Di samping mereka di dalam terowongan ada teroris lain,” katanya namun menambahkan masih belum jelas apakah Issa telah terbunuh.

Sumber Palestina mengatakan Israel telah menyerang tempat yang diduga sebagai persembunyian Issa, namun tidak dapat memberikan rincian mengenai nasibnya.

“Masih belum ada indikasi yang pasti,” kata Chili Tropper, seorang menteri kabinet Israel, kepada televisi Channel 13 Israel pada hari Senin.

“Jika memang tersingkirnya Marwan Issa, yang dalam banyak hal merupakan kepala staf militer Hamas, itu merupakan pencapaian besar IDF dan Shin Bet," ujarnya.

Baca juga: Hari Pertama Bulan Ramadhan, 67 Warga Gaza Tewas akibat Serangan Israel

Pejuang dari Hamas, yang menguasai Gaza, menewaskan 1.200 orang dalam serangan 7 Oktober dan menyandera 253 orang, menurut penghitungan Israel, sebuah serangan yang memicu salah satu perang paling berdarah dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Menurut pihak berwenang Gaza, kampanye balasan militer Israel di wilayah kantong padat penduduk tersebut telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina, sementara infrastruktur telah hancur dan ratusan ribu orang kini berada di ambang kelaparan.

Masuk DPO

Issa masuk dalam daftar "paling dicari" Israel, bersama dengan Mohammed Deif, komandan Brigade al-Qassam, dan pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas