Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AIPAC Menghadapi Tantangan Berat Terkait Perang Israel di Gaza

Lobi pro-Israel terbesar dan paling kuat di Amerika Serikat, AIPAC, menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan dukungan bipartisan untuk Tel Aviv

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in AIPAC Menghadapi Tantangan Berat Terkait Perang Israel di Gaza
Celal Gunes / ANADOLU / Anadolu melalui AFP
Sekelompok demonstran melakukan salat saat melakukan protes di luar markas American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) di Washington, Amerika Serikat pada 13 Maret 2024, satu hari setelah kelompok lobi pro-Israel mengakhiri konferensi kebijakan tahunannya. Para pengunjuk rasa, beberapa di antaranya mengenakan keffiyeh Palestina, membawa bendera Palestina serta spanduk bertuliskan pesan seperti "Bebaskan Palestina", "Akhiri semua bantuan AS untuk Israel", "Berdiri bersama Palestina, akhiri pendudukan sekarang". Celal Gunes / Anadolu 

AIPAC Menghadapi Tantangan Bersejarah Terkait Perang Israel di Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Lobi pro-Israel terbesar dan paling kuat di Amerika Serikat, AIPAC, menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan dukungan bipartisan untuk Tel Aviv atas perangnya di Jalur Gaza.

Perang di Gaza telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina, mayoritas perempuan dan perempuan. anak-anak.




Menurut surat kabar New York Times, AIPAC juga harus menghadapi politik kusut bantuan asing di Capitol Hill, di mana dana untuk Israel terjebak dalam perselisihan mengenai pemberian bantuan kepada Ukraina.

Mantan Presiden Donald J. Trump telah mempengaruhi banyak sekutu sayap kanan AIPAC untuk menentang dana tambahan untuk Ukraina, tambahnya, menghalangi DPR untuk melanjutkan undang-undang yang juga akan memberikan miliaran dolar kepada Israel.

Surat kabar tersebut mengutip mantan Duta Besar AS untuk Tel Aviv dan mantan utusan khusus untuk perundingan damai Israel-Palestina, Martin Indyk, yang mengatakan bahwa lobi yang mendukung Israel di Amerika “sedang mengalami krisis identitas.”

“Hal ini tersamarkan oleh kemampuan mereka yang luar biasa dalam mengumpulkan uang, namun kehidupan mereka menjadi sangat rumit,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

Pada hari Senin, sebuah koalisi kelompok kepentingan progresif meluncurkan inisiatif yang disebut “Tolak AIPAC,” dalam upaya untuk melawan dana sebesar $100 juta yang diperkirakan akan dikeluarkan AIPAC untuk mengalahkan kandidat kongres yang mengecam penderitaan warga sipil di Gaza akibat perang Israel melawan Israel. daerah kantong yang terkepung.

(Sumber: Middle East Monitor)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas