Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Houthi Tak Juga Mundur, Malah Luncurkan Empat Drone Serang Kapal Perang AS di Laut Merah

US CENTCOM menyatakan kalau serangan drone-drone Houhti tersebut “menimbulkan ancaman besar terhadap kapal komersial dan kapal Angkatan Laut AS

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Houthi Tak Juga Mundur, Malah Luncurkan Empat Drone Serang Kapal Perang AS di Laut Merah
khaberni/HO
SASAR KAPAL PERANG AS - Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang terafiliasi Kelompok Houhti meluncurkan drone yang menargetkan kapal-kapal berentitas Israel. Belakangan, serangan diperluas dengan menyasar kapal-kapal perang AS dan Inggris karena keduanya melancarkan agresi ke teritorial Yaman. 

Houthi Tak Juga Mundur, Malah Luncurkan Empat Drone Serang Kapal Perang AS di Laut Merah

TRIBUNNEWS.COM - Komando Pusat Militer AS (US CENTCOM) pada Kamis (28/3/2024) mengatakan kalau mereka menghancurkan empat drone yang diluncurkan oleh kelompok Houthi sekutu Iran di Yaman di sekitaran perairan Laut Merah.

Pada unggahan di platform X, US CENTCOM menyatakan kalau serangan drone-drone tersebut “menimbulkan ancaman besar terhadap kapal komersial dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut.”

Baca juga: Ansarallah Houthi: Kedaulatan Dilanggar, Yaman Deklarasikan Perang Terbuka Lawan AS dan Inggris

Pernyataan Komando Pusat AS menambahkan kalau serangan Houthi tersebut menargetkan kapal koalisi dan kapal perang Amerika.

US CENTCOM menambahkan, tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan pada kapal Amerika atau koalisi.

Adapun Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang terafiliasi Houthi menyatakan, kapal-kapal berentitas Israel dan kapal-kapal perang AS, Inggris, dan sekutu mereka kini telah sah menjadi sasaran tembak militer negara yang berpusat di Sanaa tersebut.

Baca juga: Dinamika Yaman dan Konflik di Laut Merah: Selain AS, Houthi Juga Hadapi Tangan Arab Saudi dan UEA

Houthi menjadikan AS dan sekutunya sasaran tembak karena melakukan agresi di Yaman dengan menyerang fasilitas-fasilitas di negara tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Langkah AS dan Inggris ini tak membuat Houthi mundur dalam melakukan blokade di Laut Merah yang mereka klaim sebagai langkah dukungan dan solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina di Gaza melawan agresi Israel.

Houthi bahkan berjanji untuk meningkatkan serangan mereka ke entitas Israel-AS saat bulan Ramadan.

Kapal Perang AS USS Laboon Dihantam Rudal Balistik Jarak Jauh

Serangan Houhti ke kapal perang AS ini memang bukan upaya pertama.

Pada Rabu (13/3/2024) silam, US CENCOM mengabarkan, Houthi Yaman, menembak kapal perang AS, USS Laboon, di Laut Merah, dengan rudal balistik jarak jauh dari wilayah yang dikuasainya.

Dikutip Reuters, dilansir PT, dalam rilis Pusat Komando Militer AS di Timur Tengah, disebutkan, serangan rudal Houthi tidak menimbulkan korban jiwa di kapal perang tersebut.

"CENTCOM mengklaim pihaknya bersama sebuah kapal koalisi, berhasil menangkis serangan rudal Yaman, dan menghancurkan dua drone yang diterbangkan dari wilayah kekuasaan Ansarullah," tulis laporan tersebut.

Menurut CENTCOM, serangan-serangan Houthi, adalah ancaman bagi kapal-kapal Amerika Serikat, dan pelayaran internasional di kawasan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas