Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran: Demo Pro-Palestina di AS dan Barat Ungkap Kebobrokan Pemerintahnya

Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengatakan demo pro-Palestina di AS dan Barat menunjukkan kebobrokan dan wajah asli pemerintahnya yang pro-Israel.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Iran: Demo Pro-Palestina di AS dan Barat Ungkap Kebobrokan Pemerintahnya
ATTA KENARE / AFP
Presiden Iran Ebrahim Raisi menyapa perwakilan media selama konferensi pers di ibukota republik Islam Teheran, pada 21 Juni 2021. -- Iran sebut demo pro-Palestina tunjukkan wajah asli AS dan Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Iran, Ebrahim Raisi menggambarkan protes universitas-universitas pro-Palestina yang sedang berlangsung di negara-negara Barat sebagai peristiwa besar.

Menurutnya, tindakan keras pihak berwenang terhadap demonstrasi tersebut telah mengungkap wajah sebenarnya dari peradaban Barat.

"Protes yang dilakukan oleh mahasiswa dan akademisi serta elit di negara-negara Barat, yang dilakukan untuk mendukung Gaza, adalah peristiwa besar yang memiliki banyak aspek," kata Raisi, dalam sidang kabinet di Teheran, Minggu (28/4/2024).

"Tindakan keras terhadap protes dan penangkapan mahasiswa dan akademisi, terutama di AS, merupakan bab lain dari skandal yang dilakukan oleh mereka yang mengklaim membela kebebasan berpendapat," lanjutnya.

Menurutnya, memburuknya situasi di Jalur Gaza telah mengungkap kebobrokan pemerintah AS dan Barat.

Ia menyindir AS yang mengaku menjunjung kebebasan berpendapat, tapi malah memerintahkan polisi untuk menangkap para demonstran pro-Palestina.

"Mereka yang mengaku membela kebebasan berpendapat tidak berkomitmen apa pun selain mempertahankan dominasi mereka," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Dia menekankan bahwa tindakan keras tersebut tidak akan menghentikan protes terhadap kekejaman dan kejahatan Israel terhadap warga Palestina.

Protes terhadap genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza telah menyebar melalui kampus-kampus AS dan tempat lain di Australia dan Eropa selama beberapa hari terakhir.

Para pengunjuk rasa ingin universitas mereka melakukan penarikan dana atau aset investasi dari Israel dan berhenti mendanai genosida.

Kekerasan terhadap Pengunjuk Rasa di AS dan Barat

Baca juga: Warga AS Pro-Palestina Kecam Makan Malam Koresponden Gedung Putih, Desak Biden Bebaskan Gaza Segera

Kemarin, Minggu (28/4/2024), polisi AS menangkap ratusan demonstran di berbagai universitas yang menggelar protes pro-Palestina dan menuntut pemerintah AS untuk mendukung gencatan senjata di Jalur Gaza.

Polisi Negara Bagian Indiana bersama dengan polisi Universitas Indiana mengatakan kepada para demonstran bahwa mereka tidak dapat mendirikan tenda dan berkemah di kampus.

Sejumlah 23 pengunjuk rasa ditangkap di Universitas Indiana di Bloomington dan 69 pengunjuk rasa ditangkap di Arizona State University pada Sabtu (27/4/2024), dikutip dari Reuters.

Minggu lalu, 100 demonstran ditangkap di Universitas Columbia dan 102 demonstran ditangkap di Universitas Northeastern di Boston.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas