Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Siap Hadapi Kemungkinan ICC Tangkap Netanyahu Cs di Luar Negeri, Jaringan Yahudi Dikerahkan

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu Cs bersiap menghadapi kemungkinan ditangkap di luar negeri oleh anggota ICC

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Israel Siap Hadapi Kemungkinan ICC Tangkap Netanyahu Cs di Luar Negeri, Jaringan Yahudi Dikerahkan
Instagram Benjamin Netanyahu
PM Israel Benjamin Netanyahu bersiap hadapi kemungkinan ditangkap ICC. 

TRIBUNNEWS.COM, ISRAEL -  Israel mempersiapkan kemungkinan surat perintah penangkapan ICC bagi para pemimpin tertinggi atas tindakan Gaza.

Kementerian Luar Negeri Israel mendesak misi di luar negeri untuk bersiap menghadapi reaksi balik.

Israel menginstruksikan kedutaan besarnya di luar negeri untuk bersiap menghadapi reaksi Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pemimpin tinggi Israel dan petinggi militer atas tindakan mereka di Gaza, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant , dan Kepala Staf IDF Herzl. Halevi.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengeluarkan pesan mengenai masalah ini kepada perwakilan Israel di luar negeri dan organisasi Yahudi.

Dia menyarankan agar organisasi Yahudi bekerja sama dengan otoritas lokal untuk meningkatkan keamanan.

Ia juga berbicara dengan Menteri Urusan Diaspora Amichai Chikli mengenai masalah ini.

Baca juga: Takut Ditangkap ICC, PM Netanyahu Minta AS Turun Tangan Lakukan Intervensi

Dikutip dari Jerusalem Post, Senin (29/4/2024), Israel mengklaim ICC belum mengeluarkan pernyataan resmi apa pun mengenai tindakan penangkapan sejak Ketua Jaksa Karim Khan mengonfirmasi pada November 2023 bahwa sedang menyelidiki situasi di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur, termasuk tindakan terkait perang Israel-Hamas yang dimulai pada 7 Oktober.

BERITA TERKAIT

Israel khawatir Khan mengeluarkan surat perintah penangkapan dalam waktu dekat, bahkan mungkin minggu ini.

“Kami mengharapkan (ICC) untuk mencegah dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadap pejabat senior Israel di eselon politik dan keamanan,” kata Katz.

“Tidak ada yang lebih menyimpang dari upaya mencegah Israel mempertahankan diri melawan musuh pembunuh yang secara terbuka menyerukan penghancuran Negara Israel,” jelas Menlu merujuk pada kampanye IDF di Gaza untuk menghancurkan Hamas.

“Jika surat perintah tersebut dikeluarkan maka hal itu akan merugikan para komandan dan tentara IDF dan memberikan dorongan moral kepada organisasi teroris Hamas dan poros Islam radikal yang dipimpin oleh Iran yang kami lawan,” katanya.

Katz kemudian memposting di X bahwa “Pembunuh berat seperti [Pemimpin Tertinggi Iran Ali] Khamenei, [pemimpin Hizbullah Hassan] Nasrallah dan [pemimpin Hamas di Gaza Yahya] Sinwar sedang menunggu dengan harapan bahwa ICC di Den Haag akan mengadili Israel. Sungguh absurditas.”

Rekan Senior Institut Demokrasi Israel dan pakar hukum internasional Yuval Shany mengatakan bahwa Khan dapat mengeluarkan surat perintah tersebut pada tahap proses ini.

"Jika dia melakukannya, Khan kemungkinan juga akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pemimpin Hamas,” kata Shany.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas