Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Close Range Combat, 3 Front Menyala di Gaza, Al Qassam: 6 Brigade Koalisi Faksi Terjun di Jabalia

selain Al Qassam dan Brigade Al-Quds, sayap militer Gerakan PIJ, ada empat faksi sayap militer perlawanan yang turun tangan di pertempuran jarak dekat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Close Range Combat, 3 Front Menyala di Gaza, Al Qassam: 6 Brigade Koalisi Faksi Terjun di Jabalia
khaberni
Petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas, mengarahkan senapan serbunya di bibir terowongan di Gaza. Pada Selasa (14/5/2024), terjadi pertempuran sengit jarak dekat antara milisi perlawanan Palestina dan pasukan Israel di tiga front, Jabalia-Zaytoun, Gaza Utara dan Rafah, Gaza Selatan. 

Tiga Front Menyala di Gaza, Al Qassam: Enam Brigade Koalisi Faksi Turun Tangan di Jabalia

TRIBUNNEWS.COM - Faksi-faksi Milisi Perlawanan Palestina terus menghadapi pasukan pendudukan Israel di berbagai medan pertempuran di Jalur Gaza, Selasa (14/5/2024).

Ada tiga front pertempuran di Jalur Gaza yang menjadi lokasi pertempuran sengit, yaitu kamp Jabalia dan Zaytoun  di Jalur Gaza utara, dan di Rafah di Jalur Gaza selatan.

Pertempuran milisi Palestina melawan pasukan IDF dan kendaraan mereka dilaporkan berlangsung sengit dalam jarak dekat (close range combat) dengan menggunakan berbagai senjata dan juga bom.

Baca juga: Israel Salah Langkah di Jabalia, Al Qassam Robohkan 30 IDF Sekali Tepuk, Jenderal Ambruk di Zaytoun

Brigade Al Qassam mengumumkan, mereka melancarkan pertempuran sengit melawan tentara pendudukan di Jabalia, utara Jalur Gaza, dengan partisipasi sejumlah faksi Palestina.

Sayap militer gerakan Hamas itu menyatakan, selain mereka dan Brigade Al-Quds -sayap militer Gerakan PIJ-, ada empat faksi sayap militer perlawanan yang turun tangan di pertempuran.

"Para pejuang kami melancarkan pertempuran melawan pasukan pendudukan Israel dengan partisipasi "Brigade Al-Quds, Brigade Yerusalem, Brigade Abu Ali Mustafa, Brigade Nasser Salah al-Din, dan Brigade Mujahidin."

BERITA TERKAIT

Brigade Al-Qassam, juga mengumumkan kalau mereka menyerang Kota Ashkelon Israel menggunakan rentetan rudal sebagai tanggapan atas pembantaian Israel terhadap warga Palestina.

Baca juga: Rencana Israel Invasi Rafah Kacau-balau, Hamas Cs Paksa Divisi IDF Pontang-panting di Gaza Utara

Foto yang diambil dari video rekaman AFPTV memperlihatkan warga Palestina mencari para korban serangan Israel di kamp pengungsian Jabaliya, Gaza, Selasa, (31/10/2023). Serangan itu dilaporkan menewaskan setidaknya 50 orang.
Foto yang diambil dari video rekaman AFPTV memperlihatkan warga Palestina mencari para korban serangan Israel di kamp pengungsian Jabaliya, Gaza, Selasa, (31/10/2023). Serangan itu dilaporkan menewaskan setidaknya 50 orang. (ADI ALWHIDI / AFP)

Front Kamp Jabalia

Di Jalur Gaza utara, khususnya di Kamp Pengungsi Jabalia, brigade Al Qassam menargetkan dua tank Merkava Israel menggunakan dua peluru al-Yassin 105 di Jalan Abu al-Aish.

Di area kamp Abu Zaytoun, brigade tersebut menargetkan buldoser D9 Israel, yang juga menggunakan peluru al-Yassin 105.

Secara paralel, Brigade Al-Qassam menerbitkan adegan para petempur mereka bentrok dengan pasukan IDF dan menargetkan kendaraan tempur Israel di utara Jalur Gaza.

"Demikian pula, para pejuang Brigade al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam, mampu memancing pasukan Israel dalam jumlah besar dan khusus untuk melakukan penyergapan yang tepat dan rumit di kota tersebut dan melenyapkannya dari jarak dekat," tulis laporan Al Mayadeen.

Para pejuang brigade koalisi faksi itu juga meledakkan bom rakitan (IED) Barq di bawah buldoser D9 saat fajar hari ini di daerah Abu Zaytoun di kamp Jabalia di Jalur Gaza utara.

Mereka juga menembak seorang tentara IOF yang bersembunyi di sebuah gedung di area yang sama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas