Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Cueki Surat Penangkapan, ICC Juga Incar Tiga Pentolan Hamas: Sinwar, Al-Deif, Haniyeh  

Berikut teks pernyataan Hamas atas surat penangkapan ICC terhadap Netanyahu, Gallant, Sinwar, Al-Deif, dan Haniyeh:

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Netanyahu Cueki Surat Penangkapan, ICC Juga Incar Tiga Pentolan Hamas: Sinwar, Al-Deif, Haniyeh  
AFP
Kolase foto Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Ketua sayap politik gerakan Hamas Yahya Sinwar 

ICC Keluarkan Surat Penangkapan, Netanyahu: Mereka Tak Akan Menghentikan Israel, Perang Jalan Terus 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan beraksi atas aksi Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Karim Khan yang hendak menangkap para petinggi negara pendudukan itu atas kejahatan perang di Gaza.

Selain, Netanyahu, Karim Khan dilaporkan juga meminta ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Menteri Pertahanan Yoav Galant.

Atas hal itu, Netanyahu menyebut permintaan Karim Khan itu sebagai "skandal."

Baca juga: ICC Keluarkan Perintah Penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu atas Kejahatan Perang

Netanyahu mengatakan hal tersebut dalam pertemuan blok Partai Likud (yang berpartisipasi dalam koalisi yang berkuasa), Senin (20/5/2024) dilansir Khaberni.

“Mereka tidak akan menghentikan kami,” katanya mengacu pada tekad Netanyahu untuk melanjutkan perang di Gaza.

 Media Israel melaporkan bahwa Netanyahu membuka sidang blok Likud dengan mengumpulkan tanda tangan anggota partai pada petisi menentang keputusan Jaksa Kriminal Internasional.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Israel Broadcasting Corporation mengutip seorang pejabat Israel bahwa surat perintah penangkapan di Den Haag tidak akan mempengaruhi kelanjutan perang.

Pemimpi Hamas di jalur Gaza, Yahya Sinwar, saat berbicara di sebuah pertemuan di di Kota Gaza, 30 April 2022.
Pemimpi Hamas di jalur Gaza, Yahya Sinwar, saat berbicara di sebuah pertemuan di di Kota Gaza, 30 April 2022. (AFP/Al Mayadeen)

ICC Juga Incar Yahya Sinwar

Karim Khan, mengatakan selain surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, pihaknya juga akan mengeluarkan surat penangkapan terhadap pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Dalam sebuah pernyataan kepada jaringan media AS, CNN, Karim Khan menyebut surat-surat penangkapan itu dikeluarkan ke mereka atas tuduhan melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan sehubungan dengan serangan 7 Oktober dan Perang Gaza.

Karim Khan mengatakan, Pengadilan Kriminal Internasional juga meminta surat perintah penangkapan terhadap dua pemimpin senior Hamas lainnya, pemimpin Brigade Al-Qassam, yang dikenal sebagai Muhammad Al-Deif, dan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh.

"Panel hakim ICC sekarang akan mempertimbangkan permintaan Khan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan," menurut Karim Khan dalam wawancaranya dengan jurnalis CNN, Christiane Amanpour.

Khan mengatakan dakwaan terhadap Sinwar, Haniyeh, dan Al-Deif mencakup “pemusnahan, pembunuhan, penyanderaan, pemerkosaan, dan penyerangan seksual saat berada dalam tahanan.”

“Dunia terkejut pada tanggal 7 Oktober ketika orang-orang diambil dari kamar tidur mereka, dari rumah mereka, dari berbagai kibbutzim (pemukiman) di Israel,” kata Khan kepada Amanpour.

Muhammad Deif, pemimpin Brigade Al-Qassam (sayap militer Hamas), mengajak masyarakat Islam dari Indonesia hingga Arab untuk membela Palestina dan Al-Aqsa, melalui audio yang dirilis di Telegram Brigade Al-Qassam, Rabu (27/3/2024).
Muhammad Deif, pemimpin Brigade Al-Qassam (sayap militer Hamas), mengajak masyarakat Islam dari Indonesia hingga Arab untuk membela Palestina dan Al-Aqsa, melalui audio yang dirilis di Telegram Brigade Al-Qassam, Rabu (27/3/2024). (X/Telegram/Brigade Al-Qassam)

Respons Hamas

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas