Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan Putin Bebaskan Desa Kleshcheyevka, Ukraina Tembak Jet Tempur Su-25 Rusia

Desa Kleshcheyevka yang berdekatan dengan Bakhmut, dikuasai oleh pasukan Vladimir Putin dalam pertempuran yang terjadi seharian kemarin.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pasukan Putin Bebaskan Desa Kleshcheyevka, Ukraina Tembak Jet Tempur Su-25 Rusia
Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina via Pravda
Pesawat Su-25. Ukraina mengklaim telah menembak jet tempur Su-25 milik Rusia di Donetsk pada Rabu (22/5/2024) 

TRIBUNNEWS.COM -- Pertempuran sengit masih terjadi di wilayah Ukraina yang ingin direbut Rusia. Pasukan Vladimir Putin mengklaim kembali menguasai sebuah desa di wilayah Donetsk.

Di lain pihak Ukraina mengaku telah menembak jatuh satu pesawat tempur Rusia jenis Su-25 pada Rabu (22/5/2024) kemarin.

Desa Kleshcheyevka yang berdekatan dengan Bakhmut, dikuasai oleh pasukan Vladimir Putin dalam pertempuran yang terjadi seharian kemarin.

Baca juga: Bantuan Militer Tak Cukup, Zelensky Minta Negara NATO Ikut Tembaki Rudal Rusia

“Unit-unit Kelompok Pertempuran Selatan membebaskan pemukiman Kleshcheyevka di Republik Rakyat Donetsk sebagai hasil dari operasi aktif,” tulis Kementerian Pertahanan Rusia dikutip dari TASS.

Sementara militer Ukraina mengklaim telah menembak jatuh satu pesawat tempur Rusia jenis Su-25 pada Rabu (22/5/2024) kemarin di Donetsk.

Pesawat serang tersebut ditembak dengan rudal Ukraina di garis depan Pokrovsk.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina dalam keterangannya mengatakan, di front Pokrovsk, jumlah pertempuran meningkat pada Selasa kemarin.

BERITA REKOMENDASI

"Secara khusus, musuh mencoba menerobos formasi tempur kami menggunakan kelompok penyerang dan peralatan. Situasinya tetap tegang, dengan sembilan bentrokan masih berlangsung," tulis militer Ukraina dikutip dari Ukrainska Pravda.

Staf Umum mengatakan bahwa pada tanggal 22 Mei pasukan Rusia memusatkan upaya mereka di Oblast Kharkov, serta di front Pokrovsk dan Kurakhove di Oblast Donetsk.

Baca juga: Rencana Putin di Kharkov Terungkap, Pasukan Ukraina Susah Payah Lakukan Perlawanan

Unit penerbangan Ukraina serta Pasukan Roket dan Artileri menyerang empat kelompok personel Rusia, dua pos komando, dua stasiun komando UAV, satu sistem peperangan elektronik, dua senjata dan sistem pertahanan udara S-400.

121 bentrokan telah terjadi sejak pagi hari. Rusia telah melancarkan empat serangan rudal menggunakan lima rudal, 37 serangan udara menggunakan 47 bom udara berpemandu, dan 376 serangan drone kamikaze, serta menembakkan 3.280 kali ke posisi Ukraina menggunakan berbagai jenis senjata.

Di front Kharkiv, terjadi delapan serangan Rusia di sekitar desa Lyptsi dan Starytsia. Sejak awal, pasukan Rusia telah kehilangan 87 personel dan 21 peralatan militer.

Di front Kupiansk, pasukan pertahanan Ukraina berhasil menghalau 22 serangan. Empat bentrokan masih berlangsung di wilayah Berestove dan Makiivka.

Tentara Ukraina berusaha menembak drone Rusia
Tentara Ukraina berusaha menembak drone Rusia (Parlemen Ukraina)

Di front Lyman, enam serangan Rusia terjadi hari ini.

Dua serangan berlanjut di front Siversk di sekitar Vyimka. Situasi terkendali.

"Jumlah bentrokan di front Kramatorsk telah meningkat menjadi 10. Pasukan pertahanan Ukraina telah mempertahankan posisi mereka. Selama sehari terakhir, Rusia telah kehilangan 58 orang di daerah ini (tewas dan terluka), dan sebuah T- 90 tank, dua pengangkut personel lapis baja dan empat kendaraan tempur infanteri BMP-3 hancur.

Di front Kurakhove, pertempuran berlanjut di wilayah Heorhiivka. Secara total, musuh telah melakukan 18 serangan terhadap pasukan kami sejak awal hari di wilayah Novomykhailivka, Krasnohorivka, Kostiantynivka dan Paraskoviivka."

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas