Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kata Pejabat Israel soal Proposal Gencatan Senjata yang Diumumkan Biden: Tidak Akurat

Kebingungan soal Proposal Gencatan Senjata yang Diumumkan Biden, Katanya dari Pihak Israel, tapi Israel Sendiri Tidak Sepenuhnya Setuju

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Kata Pejabat Israel soal Proposal Gencatan Senjata yang Diumumkan Biden: Tidak Akurat
HO
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Israel Benyamin Netanyahu. 

TRIBUNNEWS.COM - Deskripsi Presiden AS Joe Biden tentang proposal gencatan senjata Israel tidak akurat, ujar seorang pejabat senior Israel kepada NBC News.

Jumat (31/5/2024) lalu, Biden menguraikan proposal gencatan senjata yang ia sebut dibuat oleh Israel dan disahkan oleh mediator ke Hamas.

Namun, pejabat tersebut mempertanyakan deskripsi Biden tentang proposal tersebut.

Ia mengatakan, Biden hanya membacakan sebagian versi proposal Israel.

Pejabat tersebut, secara khusus membantah Israel telah setuju untuk menarik pasukannya sepenuhnya dari Jalur Gaza, sebagai bagian dari kesepakatan untuk membebaskan 125 atau lebih sandera yang masih disandera di sana.

“Israel belum mengubah syaratnya untuk mencapai gencatan senjata permanen. Hal itu hanya akan terjadi setelah tujuan kami tercapai termasuk menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas,” kata pejabat tersebut.

Pejabat itu juga mengatakan, meskipun Gedung Putih menyebut, rencana tersebut berasal dari Israel, sebenarnya itu adalah proposal yang diajukan oleh mediator yang telah diubah oleh Israel.

Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan).
Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). (X/@netanyahu)
BERITA REKOMENDASI

“Aneh jika mereka mengatakan itu adalah usulan Israel dan pada saat yang sama Israel harus menyetujuinya,” kata pejabat itu.

Ia menambahkan, Israel sedang menunggu tanggapan resmi Hamas terhadap proposal tersebut.

Sementara itu juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, hari Senin menegaskan kembali bahwa benar Israel yang mengajukan proposal gencatan senjata itu.

“Menteri luar negeri Israel sendiri mengakui bahwa ini adalah usulan Israel,” kata Kirby kepada wartawan.

Baca juga: Israel Ogah Terima Pemerintahan Hamas di Gaza, Abaikan Proposal Gencatan Senjata dari Biden?

Ketika ditanya tentang potensi kesenjangan antara pendapat Biden mengenai proposal tersebut dan posisi Israel, Kirby berkata, "Saya tidak tahu kesenjangan apa yang Anda maksud."

Dennis Ross, mantan utusan khusus AS untuk Timur Tengah, mengatakan di MSNBC bahwa PM Israel Benjamin Netanyahu dan seluruh kabinet perangnya telah menerima proposal gencatan senjata yang dijelaskan Biden.

Sebelumnya, pejabat AS lainnya mengatakan kepada NBC News, Biden hanya menjelaskan proposal Israel tetapi mengakui tekanan yang akan dihadapi Netanyahu dari para pejabat sayap kanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas