Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Susul Benny Gantz, 3 Petinggi Israel Resign termasuk Jenderal Divisi Gaza

Benny Gantz dan 3 pejabar tinggi Israel resign dari Kabinet Perang setelah Netanyahu tidak menanggapi protes mereka terhadap kebijakan Netanyahu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Susul Benny Gantz, 3 Petinggi Israel Resign termasuk Jenderal Divisi Gaza
X
Dari kiri ke kanan (atas): Menteri Israel Benny Gantz dari Kabinet Perang; Menteri Eisenkot, (bawah): Jenderal Avi Rosenfeld, kepala Divisi Gaza Angkatan Pertahanan Israel; Menteri Chili Tropper dari Partai Persatuan Nasional. Israel mulai kacau setelah 4 pejabat tinggi mengundurkan diri pada Minggu (9/6/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Tiga pejabat tinggi Israel mengundurkan diri, menyusul pengunduran diri Benny Gantz, salah satu menteri penting dari Kabinet Perang Israel pada Minggu (9/6/2024).

Menteri Israel, Gadi Eisenkot, mengundurkan diri dari Kabinet Perang Israel melalui pengumumannya kemarin.

Dua pejabat lainnya yang mengundurkan diri adalah Jenderal Avi Rosenfeld selaku kepala Divisi Gaza Angkatan Pertahanan Israel dan Menteri Chili Tropper dari Partai Persatuan Nasional.




"Ada keputusan-keputusan strategis yang menentukan namun dihadapkan pada keragu-raguan dan penundaan karena pertimbangan politik, dan Netanyahu menghalangi kita untuk bergerak menuju kemenangan nyata,” kata Eisenkot dalam surat pengunduran dirinya kepada Netanyahu.

Ia mencatat bahwa kabinet yang dipimpin oleh Netanyahu tidak membuat keputusan tegas yang diperlukan untuk mencapai tujuan perang.

“Oleh karena itu, kami meninggalkan pemerintahan darurat hari ini dengan berat hati, namun dengan hati yang sama,” katanya.

Benny Gantz dan Eisenkot menekankan bahwa keputusan yang diambil baru-baru ini tidak selalu dimotivasi oleh kepentingan negara.

BERITA TERKAIT

Menurut Eisenkot, Netanyahu harus merekrut orang-orang Yahudi Haredim yang dikecualikan dari dinas militer Israel.

Sementara Kepala Divisi Gaza, Jenderal Avi Rosenfeld, mengatakan ia merasa gagal karena tidak bisa mencegah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

“Pada tanggal 7 Oktober, saya gagal dalam misi hidup saya untuk melindungi (komunitas perbatasan Gaza)," kata Avi Rosenfeld dalam sebuah surat kepada atasannya.

Militer Israel mengatakan akan segera menggantikan Jenderal Avi Rosenfeld, seperti diberitakan The Times of Israel.

Baca juga: Dampak Benny Gantz Keluar dari Kabinet Perang Israel, Analis Sebut Tak akan Runtuhkan Pemerintahan

Benny Gantz Mundur dari Dewan Perang Israel

Pengunduran diri Eisenkot menyusul Benny Gantz, Menteri Israel yang mengundurkan diri dari Dewan Perang.

Ia mengundurkan diri setelah menyatakan Netanyahu salah mengelola upaya perang dan lebih mengutamakan kelangsungan hidup politik daripada kebutuhan keamanan negara. 

Benny Gantz meminta Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant untuk berani dan melakukan apa yang benar.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas