Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komandan Hizbullah Tewas Dibunuh oleh Drone Israel di Lebanon Selatan

Komandan tertinggi Hizbullah dibunuh oleh drone Israel di Lebanon selatan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Komandan Hizbullah Tewas Dibunuh oleh Drone Israel di Lebanon Selatan
twitter/X
Serangan pesawat tak berawak Israel di kota Tirus, Lebanon selatan, menewaskan komandan Unit Aziz Hizbullah pada tanggal 3 Juli, menandai pembunuhan besar kedua terhadap seorang komandan perlawanan dalam beberapa bulan. 

Komandan Hizbullah Dibunuh oleh Drone Israel di Lebanon Selatan

TRIBUNNEWS.COM- Komandan tertinggi Hizbullah dibunuh oleh drone Israel di Lebanon selatan.

Eskalasi terbaru di Lebanon terjadi ketika kekhawatiran meningkat di kalangan pemimpin militer Israel mengenai kurangnya pasukan dan amunisi untuk memperluas perang di front utara.

Serangan pesawat tak berawak Israel di kota Tirus, Lebanon selatan, menewaskan komandan Unit Aziz Hizbullah pada tanggal 3 Juli, menandai pembunuhan besar kedua terhadap seorang komandan perlawanan dalam beberapa bulan.

Unit Aziz dilaporkan beroperasi di sektor timur wilayah perbatasan Lebanon-Israel.

Media Israel dan Saudi mengidentifikasi target serangan pesawat tak berawak itu sebagai Abu Ali Nasser, dan laporan di media Lebanon menggunakan nama lapangannya Abu Nehme.

Provokasi terbaru Israel di wilayah Lebanon terjadi ketika ketegangan di perbatasan semakin memuncak, dan para pejabat negara-negara Barat akan bertemu di ibu kota Prancis pada hari Rabu untuk membahas cara-cara “meredakan” krisis tersebut.

BERITA TERKAIT

Pada hari Selasa, Wakil Sekretaris Jenderal Hizbullah, Sheikh Naim Qassem, menekankan bahwa satu-satunya jalan menuju deeskalasi di perbatasan utara Israel adalah gencatan senjata penuh di Gaza.

“Jika ada gencatan senjata di Gaza, kami akan berhenti tanpa diskusi apa pun,” kata pemimpin perlawanan Lebanon kepada AP.

“Israel dapat memutuskan apa yang diinginkannya: perang terbatas, perang total, perang parsial,” kata Qassem.

“Tetapi mereka harus memperkirakan bahwa tanggapan dan perlawanan kami tidak akan berada dalam batasan dan aturan keterlibatan yang ditetapkan oleh Israel… Jika Israel mengobarkan perang, itu berarti mereka tidak dapat mengendalikan luasnya perang atau siapa yang terlibat di dalamnya.”

Hampir sembilan bulan setelah kampanye genosida Israel di Gaza, pihak berwenang baru-baru ini meningkatkan ancaman untuk memperluas perang melawan Lebanon dalam upaya terakhir untuk mendapatkan kembali kendali atas wilayah pendudukan di bagian utara.

Namun demikian, kurangnya strategi yang jelas untuk melepaskan diri dari Gaza, ditambah dengan krisis sumber daya manusia dan amunisi yang kritis, telah memperdalam perpecahan antara para pemimpin militer dan politik di Israel.

Awal pekan ini, para pejabat tinggi keamanan mengatakan kepada New York Times (NYT) bahwa mereka mendorong gencatan senjata di Gaza, bahkan jika itu berarti “mempertahankan kekuasaan Hamas untuk saat ini.”

Pada hari Selasa, laporan NYT mendapat tanggapan cepat dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

“Kami akan mengakhiri perang hanya setelah kami mencapai semua tujuannya, termasuk pemusnahan Hamas dan pembebasan semua sandera kami. Eselon politik menentukan tujuan-tujuan ini bagi [tentara], dan [mereka mempunyai] segala cara untuk mencapainya. Kami tidak menyerah pada kekalahan baik di New York Times atau di mana pun. Kami dipenuhi dengan semangat kemenangan,” kata Netanyahu dalam pidato video.

Terlepas dari klaim Netanyahu, laporan media Israel baru-baru ini mengungkapkan bahwa kerugian yang diderita oleh tentara Israel di Gaza telah secara signifikan mengurangi kemampuannya untuk melancarkan perang di berbagai bidang dan bahwa pasukan tersebut “saat ini belum siap untuk melakukan kampanye besar-besaran di Lebanon.”

Menurut laporan yang tidak diterbitkan yang dihasilkan oleh lebih dari 100 ahli dan mantan pejabat Israel yang dikumpulkan oleh Universitas Reichman di Herzliya, jika Tel Aviv memperluas perang terhadap Lebanon, Hizbullah “mungkin akan menembakkan 2.500 hingga 3.000 rudal per hari,” yang digambarkan sebagai “ serangan rudal berkelanjutan terbesar dalam sejarah dimanapun.”

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas