Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tekanan Joe Biden Mundur Pilpres AS Kian Kuat, Sejumlah Petinggi Partai Demokrat Ingin Ganti Capres

Banyaknya aduan dari anggota Partai Demokrat kepada Jeffries ini menyusul penampilan yang mengkhawatirkan dari Biden pada debat perdana Pilpres AS

Penulis: Bobby W
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Tekanan Joe Biden Mundur Pilpres AS Kian Kuat, Sejumlah Petinggi Partai Demokrat Ingin Ganti Capres
ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP
Presiden AS Joe Biden berbicara dalam debat presiden pertama pemilu 2024. pada hari Minggu (7/7/2024) sejumlah anggota kader ranking tinggi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS telah memberitahu Pemimpin Minoritas Dewan, Hakeem Jeffries, agar Presiden Joe Biden mundur dari kampanye 2024 

TRIBUNNEWS.COM - Bak jatuh tertimpa tangga, nasib Joe Biden dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2024 kali ini kian runyam setelah penampilan buruknya di debat perdana melawan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump.

Tak hanya diserang komentar pedas oposisi dari anggota Partai Republik terkait penampilannya yang banyak terbata-bata, Joe Biden ternyata juga jadi target sasaran kritik oleh rekan kadernya sendiri di Partai Demokrat.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah petinggi Partai Demokrat secara blak-blakan meminta Joe Biden untuk mundur dari gelaran Pilpres AS kali ini.

Dikutip Tribunnews dari CNN, pada hari Minggu (7/7/2024) sejumlah anggota kader ranking tinggi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS telah memberitahu Pemimpin Minoritas Dewan, Hakeem Jeffries, agar Presiden Joe Biden mundur dari kampanye 2024

Banyaknya aduan dari para anggota Partai Demokrat kepada Jeffries ini menyusul penampilan yang mengkhawatirkan dari Biden pada debat perdana Pilpres AS 2024 yang digelar bulan lalu.

Pertemuan tersebut kabarnya diadakan sebelum para legislator kembali bekerja ke Washington pada awal pekan ini.

Salah satu kekhawatiran yang diungkapkan dalam pertemuan dua jam tersebut adalah kekhawatiran dalam internal partai yang memerkirakan penampilan buruk Joe Biden bisa juga mengancam peluang Demokrat untuk merebut mayoritas di Dewan dalam pemilu mendatang.

BERITA REKOMENDASI

Para kader Demokrat yang hadir dalam pertemuan tersebut secara umum mengaku bahwa seharusnya sosok Wakil Presiden Incumbent Amerika Serikat yakni Kamala Harris yang seharusnya maju menjadi capres.

Sosok narasumber CNN yang dirahasiakan identitasnya tersebut juga menyebut sepanjang pertemuan, Jeffries enggan membagikan sikap pendiriannya terhadap Joe BIden kepada rekan-rekannya.

Jeffries dikatakan masih mempertimbangkan tuntutan dari sesama kader Partai Demokrat mengenai apakah Biden sebaiknya melanjutkan pencalonannya untuk Pilpres atau tidak, kata sumber yang berada dalam panggilan tersebut kepada CNN.

Adapun menurut sumber dari CNN tersebut, jumlah legislator Demokrat yang secara eksplisit menyatakan bahwa Biden sebaiknya mundur lebih besar daripada yang mendukungnya untuk tetap bertahan.

Baca juga: Putin Lebih Memilih Joe Biden yang Menangkan Pilpres AS, Apa Alasannya?

Di antara mereka yang menentang Biden sebagai calon adalah Mark Takano, Adam Smith, Jim Himes, Joe Morelle, Jerry Nadler, dan Susan Wild, menurut tiga sumber.

Selain itu, lima legislator lainnya telah meminta Biden untuk menarik diri dari perlombaan presiden secara terbuka kepada media.

Lima kader yang blak-blakan meminta Joe Biden mundur dari pilpres tersebut adalah Lloyd Doggett, Seth Moulton, Raúl Grijalva, Angie Craig, dan Mike Quigley.

(Tribunnews.com/Bobby)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas