Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Milisi Menyusup ke Pemukiman Israel Pakai Paralayang, IDF: Al Qassam Kuasai Kibbutz Beeri Berjam-jam

Media Israel melaporkan adanya dugaan penyusupan milisi perlawanan Palestina dengan pesawat layang ke permukiman di sekitar Jalur Gaza

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Milisi Menyusup ke Pemukiman Israel Pakai Paralayang, IDF: Al Qassam Kuasai Kibbutz Beeri Berjam-jam
khaberni
Dua anggota perlawanan Palestina menggunakan paralayang bertenaga (paramotor) dalam serangan Operasi Banjir Al-Aqsa ke wilayah pendudukan Israel, 7 Oktober 2023. Tentara Israel (IDF) mengakui banyak kegagalan terkait operasi tempur milisi pembebasan Palestina tersebut. 

Milisi Palestina Menyusup ke Pemukiman Israel Pakai Paralayang, IDF Akui Qassam Kuasai Kibbutz Beeri Berjam-jam

TRIBUNNEWS.COM - Media Israel, Kamis (11/7/2024) malam melaporkan terjadi insiden keamanan di permukiman (Kibbutz) sekitar Jalur Gaza.

Insiden keamanan itu dirincikan berupa seorang anggota milisi perlawanan Palestina diduga menyusup masuk ke kibbutz menggunakan paralayang bertenaga atau juga dikenal sebagai paramotoring atau PPG.

Baca juga: IDF Perluas Agresi di Kota Gaza, Ashkelon Malah Kena Serang, Prajurit Israel Luka Parah di Al-Sabra




Dugaan infiltrasi dari milisi pembebasan Palestina ini terjadi setelah juru bicara tentara pendudukan Israel (IDF), Daniel Hagari, mengakui kegagalan tentara Israel mengantisipasi serangan dahsyat pada tanggal 7 Oktober.

IDF juga mengakui kalau mereka tidak siap menghadapi Operasi Banjir Al-Aqsa yang dilancarkan oleh Brigade Al-Qassam, cabang militer Gerakan Perlawanan Hamas.

 Hagari mengatakan dalam konferensi pers, Kamis malam, kalau tanggal 7 Oktober adalah hari yang sulit bagi entitas pendudukan, dan tentara gagal melindungi pemukiman Be’eri.

Dia menambahkan bahwa dalam beberapa bulan mendatang hasil semua penyelidikan akan dipresentasikan, mengingat bahwa tentara pendudukan Israel melakukan banyak kesalahan.

BERITA TERKAIT

"Dan kami harus mengakui hal itu," kata Hagari.

Baca juga: IDF Perluas Agresi di Kota Gaza, Ashkelon Malah Kena Serang, Prajurit Israel Luka Parah di Al-Sabra

Pejuang Hamas menaiki paralayang menyerang Israel dengan melintasi perbatasan dari Gaza ke Israel selatan, Sabtu (7/10/2023).
Pejuang Hamas menaiki paralayang menyerang Israel dengan melintasi perbatasan dari Gaza ke Israel selatan, Sabtu (7/10/2023). (tangkap layar twitter)

Al-Qassam Kuasai Kibbutz Be'eri Berjam-jam

Hagari mencontohkan beberapa di antara kegagalan IDF dalam peristiwa 7 Oktober.

Dia secara jujur mengaku kalau warga pemukiman Be'eri menghadapi elemen perlawanan Palestina sendirian -tanpa ada bantuan sama sekali dari aparat keamanan Israel- selama berjam-jam.

"Tidak ada koordinasi antar-unit (militer), sehingga menyebabkan mereka (milisi) bisa berkumpul di pintu masuk pemukiman dan menghalangi IDF untuk masuk," kata Hagari.

Diketahui, IDF telah mempublikasikan hasil penyelidikan atas serangan 7 Oktober lalu yang menargetkan Kibbutz Be’eri, sebelah timur wilayah tengah Jalur Gaza.

Penyelidikan mengungkapkan bahwa 340 pria bersenjata mengambil alih sebagian besar wilayah kibbutz, termasuk 100 orang dari pasukan elite Brigade Nuseirat dari Gerakan Perlawanan Islam (Hamas).

Dia menunjukkan bahwa 100 militan berhasil dieliminasi dan 18 orang ditangkap setelah pertempuran panjang.

OGAH BALIK KE RUMAH - Para pemukim Yahudi di permukiman Israel di tanah yang diduduki, pasca-serangan roket dari milisi pembebasan Palestina di Gaza. Laporan media Israel menyebut, sebanyak puluhan ribu pemukim Yahudi enggan kembali ke rumah mereka meski sudah dibujuk dengan uang. Mereka merasa tentara Israel (IDF) membual soal melemahnya Hamas.
OGAH BALIK KE RUMAH - Para pemukim Yahudi di permukiman Israel di tanah yang diduduki, pasca-serangan roket dari milisi pembebasan Palestina di Gaza. Laporan media Israel menyebut, sebanyak puluhan ribu pemukim Yahudi enggan kembali ke rumah mereka meski sudah dibujuk dengan uang. Mereka merasa tentara Israel (IDF) membual soal melemahnya Hamas. (reuters)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas