Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korsel Ciptakan Senjata Masa Depan Mirip Laser 'StarWars' untuk Menembak Jatuh Drone Korea Utara

Kemampuan Korea Utara untuk menanggapi provokasi dengan drone akan ditingkatkan secara signifikan berkat sistem senjata laser.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Korsel Ciptakan Senjata Masa Depan Mirip Laser 'StarWars' untuk Menembak Jatuh Drone Korea Utara
Ministry of Defence / Adobe Stock / Freethink / Jacob Hege
FOTO ILUSTRASI. /Senjata Laser 

Korsel menganggap senjata ini  tidak terlihat dan senyap, tidak memerlukan amunisi, beroperasi dengan listrik dan hanya berharga $1,45 per tembakan.

TRIBUNNEWS.COM, KORSEL -  Korea Selatan (Korsel) menciptakan senjata baru jenis laser yang dijuluki “Project StarWars”.

Senjata ini mirip yang dipakai dalam film StarWars berbentuk laser.




Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan kepada kantor berita AFP pada Jumat (12/7/2024) bahwa tahun ini Korea Selatan akan mulai mengerahkan senjata laser untuk "melelehkan" mesin drone yang dirancang untuk menembak jatuh drone Korea Utara.

Menurut DAPA, senjata laser baru "Proyek StarWars" (mirip dengan nama serial film terkenal Hollywood Star Wars)  tidak terlihat dan tidak mengeluarkan suara, tidak memerlukan pengisian ulang, beroperasi sepenuhnya dengan listrik, dan biayanya hanya sekitar 2.000 won (US$1,45) per suntikan.

Lee Sang-yoon, seorang pejabat DAPA,  mengatakan kepada AFP bahwa sistem "Block-I" yang dikembangkan oleh perusahaan kedirgantaraan swasta terkemuka Korea, Hanwha Aerospace, akan mulai digunakan oleh militer pada tahun ini.

Pada bulan Desember 2022, Seoul mengatakan lima drone Korea Utara memasuki Korea Selatan.

BERITA TERKAIT

Insiden serupa yang pertama dalam lima tahun  yang mendorong militer negara tersebut untuk melepaskan tembakan peringatan dan mengerahkan jet tempur tetapi mereka tidak dapat menembak jatuh satupun dari mereka.

Baca juga: Bantu Kemenangan Putin, Pimpinan Korut Kirim Pasukan Untuk Jadi Tameng Rusia Hadapi Ukraina

'Senjata masa depan'

DAPA mengatakan dalam pernyataannya pada 11 Juli bahwa kemampuan Korea Utara untuk menanggapi provokasi dengan drone akan ditingkatkan secara signifikan berkat sistem senjata laser.

DAPA mengatakan senjata tersebut telah mencapai tingkat keberhasilan target 100 persen dalam pengujian sebelumnya dan dengan perbaikan di masa depan, senjata ini bisa menjadi sistem senjata yang “mengubah permainan” yang mampu melawan pesawat terbang dan rudal balistik.

Menurut pejabat Lee, sistem "StarWars" adalah sebuah "senjata masa depan"  dapat menetralisir target dengan menyerang mereka secara langsung menggunakan sinar laser yang dihasilkan dari serat optik.

“Saat senjata laser mentransfer panas ke drone, permukaannya akan meleleh. Saat permukaannya meleleh, bagian dalamnya akan terbakar, sehingga menyebabkan drone terjatuh,” kata Lee kepada AFP.

“Senjata laser ini menggunakan listrik, jadi dengan meningkatkan kekuatannya saja sudah memungkinkannya bergerak dengan kecepatan cahaya,” katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas