Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apa Bedanya FBI, CIA, Secret Service, Polisi, hingga NSA di Badan Keamanan Amerika Serikat?

Ini perbedaan FBI, CIA, NSA, Polisi, hingga Secret Service yang bertugas melindungi Donald Trump dari penembakan saat kampanye pada 13 Juli 2024.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Yurika NendriNovianingsih
zoom-in Apa Bedanya FBI, CIA, Secret Service, Polisi, hingga NSA di Badan Keamanan Amerika Serikat?
AFP
Dua petugas Secret Service mencoba melindungi Donald Trump di kegiatan kampanyenya saat maju di Pilpres Amerika Serikat pada tahun 2017. --- Ini bedanya FBI, CIA, Secret Service, Polisi, dan NSA di Amerika Serikat. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) memiliki sejumlah lembaga, badan pemerintah, dan keamanan nasional, seperti FBI, CIA, Secret Service, NSA, Polisi, dll.

Setiap badan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun orang awam mungkin sulit untuk membedakan mereka.

Misalnya, CIA dan FBI memiliki tugas yang berbeda dalam kebutuhan intelijen AS.




Ada juga Secret Service atau Dinas Rahasia AS yang bertugas melindungi Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden, Calon Presiden, dll.

Selengkapnya, simak perbedaan FBI, CIA, Secret Service, Polisi, hingga NSA di Amerika Serikat di bawah ini dikutip dari laman resmi FBI, CIA, Secret Service, Polisi San Jose, NSA.

FBI

Federal Bureau of Investigation (FBI) adalah organisasi keamanan nasional yang digerakkan oleh intelijen dan berfokus pada ancaman dengan tanggung jawab intelijen dan penegakan hukum.

FBI merupakan lembaga investigasi utama dari Departemen Kehakiman AS dan anggota penuh dari Komunitas Intelijen AS.

BERITA TERKAIT

Kewenangan investigasi FBI merupakan kewenangan terluas dari semua lembaga penegak hukum federal AS, dikutip dari laman resmi FBI, fbi.gov.

Tugas FBI:

  • Berwenang dan tanggung jawab untuk menyelidiki kejahatan tertentu yang ditugaskan kepadanya
  • Menyediakan layanan kerja sama kepada lembaga penegak hukum lainnya, seperti identifikasi sidik jari, pemeriksaan laboratorium, dan pelatihan
  • Membagi investigasi ke dalam sejumlah program, seperti terorisme domestik dan internasional, kontraintelijen asing, kejahatan dunia maya, korupsi publik, hak-hak sipil, kejahatan/narkoba terorganisasi, kejahatan kerah putih, kejahatan kekerasan dan pelaku utama, serta masalah pemohon
  • Mengumpulkan, berbagi, dan menganalisis intelijen untuk mendukung investigasi FBI sendiri maupun investigasi mitranya
  • Mengumpulkan, berbagi, dan menganalisis intelijen untuk lebih memahami dan memerangi ancaman keamanan yang dihadapi Amerika Serikat.

Baca juga: Kontra-Sniper Secret Service Gagal Netralisir Ancaman kepada Trump, Satuan Ini Dikenal Paling Setia

CIA

Central Intelligence Agency (CIA) adalah badan pemerintah feredal AS yang menyediakan intelijen objektif tentang negara asing dan isu-isu global kepada presiden, Dewan Keamanan Nasional, dan pembuat kebijakan lainnya untuk membantu mereka membuat keputusan keamanan nasional, dikutip dari laman resmi CIA, cia.gov.

Tugas CIA:

  • Mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyebarkan informasi penting tentang perkembangan ekonomi, militer, politik, ilmiah, dan lainnya di luar negeri untuk menjaga keamanan nasional
  • Menghasilkan analisis yang objektif
  • Melakukan tindakan rahasia, seperti yang diarahkan oleh presiden.

CIA berfungsi sebagai sumber informasi independen bagi orang-orang yang membutuhkannya untuk membuat kebijakan

CIA juga bukan organisasi penegak hukum, namun dapat bekerja sama dengan Komunitas Intelijen, Departemen Pertahanan, dan lembaga penegak hukum dalam berbagai isu rumit, mulai dari kontraintelijen hingga kontraterorisme.

Secret Service

Secret Service (Dinas Rahasia) adalah badan penegak hukum federal Amerika Serikat di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas