Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Israel Beri Kenaikkan Pangkat Komandan Batalion yang Melakukan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat

Bukannya memberikan hukuman, Israel justru mempromosikan komandan batalion yang melakukan 'pelanggaran hak asasi manusia berat' ke posisi senior.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Beri Kenaikkan Pangkat Komandan Batalion yang Melakukan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat
khaberni/HO
Anggota Pasukan Pendudukan Israel (IDF) dari Brigade Netzah Yehuda yang dikerahkan ke Beit Hanoun menyusul sengitnya perlawanan yang dilakukan faksi-faksi milisi perlawanan Palestina, mulai dari Brigade Al Qassam, Brigade A-QUds, hingga Brigade Martir Al-Aqsa. 

Israel Naikkan Pangkat Komandan Batalion yang Melakukan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat

TRIBUNNEWS.COM- Bukannya memberikan hukuman, Israel justru mempromosikan komandan batalion yang melakukan 'pelanggaran hak asasi manusia berat' ke posisi senior.

Anggota batalion Netzah Yehuda membunuh Omar Assad, warga Palestina-Amerika berusia 78 tahun, namun AS belum menghentikan bantuan militer ke unit tersebut.

Mantan komandan batalion Netzah Yehuda, sebuah unit militer Israel yang dituduh oleh AS melakukan pelanggaran hak asasi manusia berat terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel sebelum 7 Oktober, telah dipromosikan ke posisi senior di tentara Israel dan kini berada di posisi senior di tentara Israel.

Sekarang melatih pasukan Israel dan memimpin operasi di Gaza, demikian temuan investigasi CNN yang diterbitkan pada 14 Juli.

Pada bulan April, Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa mereka telah menetapkan bahwa batalion Netzah Yehuda, yang awalnya dibentuk untuk menampung orang-orang Yahudi ultra-Ortodoks di militer, telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang berat.

Departemen Luar Negeri mempertimbangkan untuk membatasi bantuan militer AS kepada unit tersebut berdasarkan Hukum Leahy.

BERITA TERKAIT

Undang-undang tersebut menyatakan bahwa pemerintah AS tidak dapat membantu unit militer sekutu asing yang diketahui melakukan pelanggaran hak asasi manusia sampai reformasi dilaksanakan.

Hanya Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken atau Wakil Menteri Luar Negeri yang dapat menentukan apakah unit-unit tersebut tetap memenuhi syarat untuk menerima bantuan militer AS.

Menurut kesaksian seorang mantan tentara unit tersebut yang berbicara dengan CNN, komandan batalion Netzah Yehuda mendorong “budaya kekerasan” dan “hukuman kolektif” terhadap warga Palestina.

Tentara tersebut memberikan contoh pasukan batalion menyerang sebuah desa Palestina dan menyerang rumah-rumah secara acak dengan granat kejut dan granat gas sebagai balas dendam atas anak-anak yang melemparkan batu.

Namun, CNN menemukan bahwa setelah Departemen Luar Negeri mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap batalion Netzah Yehuda, para komandannya tetap dipromosikan dan sekarang melatih tentara dan memimpin operasi di Gaza.

Pasukan Israel telah mengamuk di Gaza sejak dimulainya perang pada bulan Oktober, menjarah dan membakar rumah-rumah serta mengeksekusi warga sipil Palestina, termasuk perempuan dan anak-anak, di apa yang disebut “zona bebas api.”

CNN menulis bahwa “Salah satu insiden paling mengejutkan dan dilaporkan secara luas yang melibatkan batalion Netzah Yehuda adalah kematian seorang pria Palestina-Amerika berusia 78 tahun.”

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas