Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Terpilih Iran Pezeshkian Uraikan Tujuan Kebijakan untuk Perdamaian dan Kerja Sama Regional

Presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian menguraikan tujuan kebijakan untuk perdamaian dan kerja sama regional.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Presiden Terpilih Iran Pezeshkian Uraikan Tujuan Kebijakan untuk Perdamaian dan Kerja Sama Regional
Tehran Times
Presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian. 

Presiden Terpilih Iran Menguraikan Tujuan Kebijakan untuk Perdamaian dan Kerja Sama Regional

TRIBUNNEWS.COM- Presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian menguraikan tujuan kebijakan untuk perdamaian dan kerja sama regional.

Masoud Pezeshkian akan dilantik sebagai presiden Iran berikutnya pada 30 Juli.

Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian mengeluarkan “pesan kepada dunia” pada tanggal 13 Juli, menguraikan tujuan, aspirasi, dan sasaran kebijakan luar negerinya untuk Iran dalam pemerintahannya yang akan datang.

Pezeshkian memenangkan pemilihan presiden yang diselenggarakan dengan cepat setelah meninggalnya presiden Ebrahim Raisi secara tragis dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei.

Dalam suratnya, Pezeshkian menyatakan bahwa "Sistem politik Iran menunjukkan stabilitas yang luar biasa dengan menyelenggarakan pemilu secara kompetitif, damai, dan tertib" setelah kematian Raisi.

Peralihan kekuasaan secara damai terjadi di tengah kemungkinan perang dengan Israel dan prediksi beberapa analis Barat bahwa Iran akan memasuki periode ketidakstabilan.

Pezeshkian menekankan bahwa ia "mencalonkan diri berdasarkan platform reformasi, membina persatuan nasional, dan keterlibatan konstruktif dengan dunia" dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Iran, termasuk pemilih muda yang tidak puas dengan keadaan negara saat ini.

BERITA REKOMENDASI

Presiden terpilih menekankan komitmennya untuk "menjaga martabat nasional dan status internasional Iran dalam segala keadaan" sambil menjaga hubungan baik dengan semua negara demi perdamaian dan keamanan regional dan global.

Hal ini termasuk menjaga hubungan yang kuat dengan negara-negara tetangga Iran untuk mendorong pembangunan kawasan yang makmur dan damai di mana negara-negara bekerja sama untuk saling menguntungkan daripada membuang-buang sumber daya untuk bersaing satu sama lain.

Pezeshkian mencatat bahwa banyak masalah, termasuk perang, konflik sektarian, terorisme dan ekstremisme, perdagangan narkoba, kelangkaan air, krisis pengungsi, degradasi lingkungan, dan campur tangan asing, telah melanda kawasan Asia Barat.

Ia menambahkan, “Sudah waktunya untuk mengatasi tantangan-tantangan bersama ini demi kepentingan generasi mendatang. Kerja sama untuk pembangunan dan kemakmuran kawasan akan menjadi prinsip panduan kebijakan luar negeri kita.”

Pezeshkian mengomentari perang Israel di Gaza melawan Palestina, dan mencatat bahwa Israel adalah rezim apartheid dengan catatan pendudukan selama puluhan tahun, kejahatan perang, pembersihan etnis, pembangunan pemukiman, kepemilikan senjata nuklir, aneksasi ilegal, dan agresi terhadap tetangganya. Sejak 7 Oktober, genosida kini dapat ditambahkan ke dalam daftar kejahatan Israel.

Presiden terpilih berjanji bahwa "Sebagai langkah pertama, pemerintahan saya akan mendesak negara-negara tetangga Arab kita untuk berkolaborasi dan memanfaatkan semua pengaruh politik dan diplomatik untuk memprioritaskan pencapaian gencatan senjata permanen di Gaza yang bertujuan untuk menghentikan pembantaian dan mencegah perluasan konflik. "

Ia menekankan, “bahwa semua negara mempunyai kewajiban yang mengikat berdasarkan Konvensi Genosida 1948 untuk mengambil tindakan guna mencegah genosida; bukan memberikan imbalan melalui normalisasi hubungan dengan para pelakunya.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas