Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sosok Komandan Militer Hamas di Gaza Mohammed Deif, Orang Paling Dicari Israel 

Pemimpin lama Brigade Qassam merupakan salah satu orang yang paling dicari Israel dan telah menjadi sasaran serangan udara beberapa kali.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Sosok Komandan Militer Hamas di Gaza Mohammed Deif, Orang Paling Dicari Israel 
X
Pemimpin lama Brigade Qassam Mohammed Deif merupakan salah satu orang yang paling dicari Israel dan telah menjadi sasaran serangan udara beberapa kali. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah sosok Mohammed Deif, Komandan Militer kelompok militan Hamas, yang menguasi Jalur Gaza, Palestina.

Ia merupakan salah satu orang paling dicari oleh Israel.

Belum lama ini, namanya muncul setelah lolos dari upaya pembunuhan Israel dan kini dalam kondisi baik-baik saja, kata seorang pejabat senior kelompok Palestina tersebut.

Pejabat Hamas mengeluarkan pernyataan tersebut pada Minggu (14/7/2024), menyusul laporan bahwa Deif jadi sasaran serangan udara besar-besaran Israel di wilayah selatan yang terkepung.

Eskalasi tersebut bahkan menewaskan sedikitnya 90 orang dan melukai 300 lainnya.

“Panglima Mohammed Deif dalam keadaan sehat dan secara langsung mengawasi operasi sayap militer Hamas," kata pejabat tersebut kepada kantor berita AFP.

Sengaja cari Mohammed Deif

Israel mengakui kalau pengeboman hari Sabtu (13/7/2024) di kamp al-Mawasi, zona kemanusiaan di Gaza, ditujukan untuk membunuh Deif, yang telah lama berada di puncak daftar orang paling dicari Israel.

BERITA TERKAIT

Menanggapi klaim Hamas, Kepala Staf Umum Israel Herzi Halevi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (14/7/2024) bahwa Hamas "menyembunyikan hasil" serangan udaranya di kompleks tempat Deif diduga bersembunyi.

“Masih terlalu dini untuk menyimpulkan hasil serangan, yang coba disembunyikan Hamas,” kata Halevi.

Siapa Mohammed Deif?

Baca juga: Yerusalem Jadi Benteng Militer, Polisi Israel Lindungi Pemukim Geruduk Masjid Al-Aqsa Lakoni Talmud

Deif adalah salah satu pendiri sayap militer Hamas, Brigade Qassam, pada tahun 1990-an.

Ia telah memimpin pasukan tersebut selama lebih dari 20 tahun.

Deif juga disebut-sebut sebagai tokoh kunci yang merencanakan bom bunuh diri yang menyebabkan tewasnya puluhan warga Israel.

Israel mengidentifikasi dia dan pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, sebagai arsitek utama serangan 7 Oktober yang menewaskan sedikitnya 1.139 orang di Israel selatan dan memicu perang di Gaza.

Pada pagi hari tanggal 7 Oktober, Hamas telah mengeluarkan rekaman suara langka Deif yang mengumumkan operasi “Banjir Al-Aqsa” , yang mengisyaratkan serangan itu merupakan balasan atas serangan Israel di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, tempat tersuci ketiga umat Islam.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas