Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

CIA Yakin Yahya Sinwar Ada di Terowongan Khan Yunis, Dia Tidak Takut Mati

Yahya Sinwar saat ini menghadapi tekanan yang meningkat dari komandan militer Hamas untuk menerima kesepakatan gencatan senjata dan mengakhiri perang

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in CIA Yakin Yahya Sinwar Ada di Terowongan Khan Yunis, Dia Tidak Takut Mati
IDF
Cuplikan video yang dirilis oleh militer Israel pada Selasa (13/2/2024) malam sebagai bagian propaganda, yang mengklaim pemimpin Hamas Yahya Sinwar terlihat di terowongan di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan. 

CIA Yakin Yahya Sinwar Ada di Terowongan Khan Yunis, Dia Tidak Takut Mati

TRIBUNNEWS.COM - Pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) yakin kalau Pemimpin Hamas di Jalur Gaza, Yahya Sinwar bersembunyi di terowongan di bawah Khan Younis di Gaza selatan – menurut laporan CNN, Selasa (16/7/2024).

Badan Intelijen Pusat (CIA) menilai Yahya Sinwar saat ini menghadapi tekanan yang meningkat dari komandan militer Hamas untuk menerima kesepakatan gencatan senjata dan mengakhiri perang di Gaza – menurut sumber yang menghadiri pertemuan tertutup dengan Direktur CIA, Bill Burns.

Baca juga: Israel Kecolongan, Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Periksa Pasukan dan Jalan-Jalan di Jalur Gaza

Burns menambahkan kalau Sinwar tidak takut mati, tekanan yang dia rasakan adalah karena penderitaan rakyat Palestina yang terus-terusan menjadi sasaran pemboman Israel.

"Yahya Sinwar “tidak peduli dengan kematiannya” namun tekanan yang dia hadapi adalah karena besarnya penderitaan dan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza," kata Burns menurut kutipan laporan tersebut.

"CIA menolak mengomentari laporan CNN," tulis lansiran rntv mengutip pemberitaan tersebut.

Buruan Nomor Satu

Pemimpin Hamas di Jalur Gaza, orang nomor satu buruan pasukan pendudukan Israel (IDF), Yahya Sinwar masih berstatus The Invinsible, tak terlihat.

BERITA TERKAIT

Hingga bulan kesembilan melancarkan bombardemen buta di Gaza, IDF belum juga bisa menangkap Sinwar, hidup maupun mati.

Baca juga: Israel Kecolongan, Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Periksa Pasukan dan Jalan-Jalan di Jalur Gaza

Dalam sebuah artikel terbaru, Khaberni -mengutip sumber-sumber gerakan Hamas di Jalur Gaza dan di luar Jalur Gaza, mengulas soal keberadaan Yahya Sinwar di Jalur Gaza.

Laporan tersebut menyatakan, sumber-sumber gerakan Hamas di Jalur Gaza mengkonfirmasi kemampuan Sinwar untuk bersembunyi sejauh ini.

Dalam penuturannya, narasumber itu mengklaim kalau Yahya Sinwar masih bisa berkomunikasi dengan para pemimpin gerakan Hamas di dalam dan luar Jalur Gaza.

"Itu sehubungan dengan kegagalan pendudukan Israel untuk menemukannya," tulis ulasan Khaberni.

Baca juga: Eks-Pejabat Mossad: Yahya Sinwar Permalukan Israel di Depan Mata Dunia, Dia Cekik Leher Kami

Pemimpin gerakan Hamas di Gaza, Yahya Sinwar. Terkait proposal gencatan senjata yang diusulkan Amerika Serikat, Sinwar memberitahu Mesir dan Qatar selaku mediator, kalau Hamas tidak akan meletakkan senjata sebelum Israel berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata permanen.
Pemimpin gerakan Hamas di Gaza, Yahya Sinwar. Terkait proposal gencatan senjata yang diusulkan Amerika Serikat, Sinwar memberitahu Mesir dan Qatar selaku mediator, kalau Hamas tidak akan meletakkan senjata sebelum Israel berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata permanen. (khaberni/HO)

Sumber tersebut mengungkapkan kepada surat kabar Asharq Al-Awsat kalau Yahya Al-Sinwar selalu dan terus-menerus diberitahu tentang segala sesuatu yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan negosiasi yang sedang berlangsung.

Artinya, Sinwar selalu up to date terkait perkembangan situasi peperangan Gaza yang masih berlangsung.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas