Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biang Kerok Gangguan Siber Global Terungkap, CrowdStrike Akui Isu Perangkat Lunaknya Jadi Penyebab

CEO CrowdStrike memberitahukan bahwa gangguan global siber yang terjadi hari ini berasal dari pembaharuan perangkat lunak mereka di Windows

Penulis: Bobby W
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Biang Kerok Gangguan Siber Global Terungkap, CrowdStrike Akui Isu Perangkat Lunaknya Jadi Penyebab
kolase foto DIEGO RADAMES / ANADOLU / ANADOLU VIA AFP dan situs CrowdStrike
CEO CrowdStrike,George Kurtz mengakui bbahwa gangguan global siber yang terjadi hari Jumat (19/7/2024) ini berasal dari pembaharuan perangkat lunak mereka di Windows 

TRIBUNNEWS.COM - Asal muasal terjadinya gangguan siber skala global yang terjadi pada hari Jumat (19/7/2024) ini akhirnya terungkap.

Sebelumnya, gangguan teknologi global yang terjadi pada Jumat, mempengaruhi penerbangan, perbankan, dan operasi perusahaan di beberapa negara, termasuk Singapura, Amerika Serikat, Britania Raya, India, dan Australia.

Setelah penelusuran lebih lanjut, akhirnya terungkap bahwa gangguan teknologi global yang terjadi hari ini disebabkan karena masalah pembaharuan dari perangkat lunak yang diproduksi oleh perusahaan keamanan digital utama di Amerika Serikat, CrowdStrike.




Dikutip Tribunnews dari CNN, para ahli ilmu Informasi dan Teknologi di AS menyimpulkan gangguan komputer global yang mempengaruhi bandara, bank, dan bisnis lainnya pada hari ini bermuara pada pembaruan perangkat lunak yang dikeluarkan CrowdStrike.

Saat ditanyai lebih lanjut oleh media, pihak CrowdStrike pun membenarkan temuan tersebut.

Pada hari Jumat ini, CEO CrowdStrike, George Kurtz memberitahukan informasi terkait gangguan global yang terjadi hari ini kepada pelanggannya.

Dalam pesan yang dibagikan melalui X tersebut, Kurtz menjelaskan bahwa gangguan siber global hari ini disebabkan oleh "kecacatan" yang ditemukan dalam satu pembaruan konten tunggal dari perangkat lunaknya pada sistem operasi Microsoft Windows.

BERITA TERKAIT

Kurtz mengaku sudah meminta para insinyur atau tenaga ahli di perusahaannya untuk mengambil tindakan lanjut guna mengatasi masalah ini

Dalam postingnya, Kurtz juga mengatakan bahwa masalah tersebut telah diidentifikasi dan diisolasi, serta insinyur telah menerapkan pembaruan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Adapun dalam rilis yang dibagikan CrowdStrike kepada media, mereka memberi tahu pelanggan yang mengalami gangguan untuk me-reboot atau menyalakan ulang komputer mereka dan melakukan sejumlah tindakan lainnya jika mereka masih mengalami masalah teknis.

Adapun masalah tekhnik ini khusus terkait pada perangkat lunak Falcon yang diproduksi oleh CrowdStrike.

asfd
Unggahan CEO CrowdStrike, George Kurtz yang memberitahukan bahwa gangguan global siber yang terjadi hari ini berasal dari pembaharuan perangkat lunak mereka di Windows (X/George_Kurtz)

Baca juga: Situasi Bandara Changi Kacau akibat Gangguan Siber Skala Dunia, Check-In Manual Jadi Solusi Darurat

Falcon sendiri merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi file yang disimpan di cloud.

Seperti produk keamanan siber lainnya, perangkat lunak Falcon ini memerlukan akses ke tingkat yang dalam pada sistem operasi komputer untuk melakukan pemindaian terhadap ancaman-ancaman dari eksternal sistem.

Dalam kasus ini, komputer yang menjalankan Microsoft Windows tampaknya mengalami gangguan karena pembaharuan yang bermasalah dalam kode perangkat lunak yang dikeluarkan oleh CrowdStrike dalam sistem Windows.

Meskipun begitu, CrowdStrike mengatakan masalah perangkat lunak ini tidak mempengaruhi komputer yang menggunakan Mac atau Linux sehingga dapat dipastikan masalah siber global yang terjadi hari ini hanya terjadi di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

(Tribunnews.com/Bobby)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas