Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kekacauan Melanda Dunia, Windows Down Karena BSOD: Penerbangan hingga Rumah Sakit Semuanya Lumpuh

Gangguan pada hari Jumat menyebar dari AS ke Asia setelah Microsoft Corp melaporkan gangguan pada seluruh layanan daringnya.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Kekacauan Melanda Dunia, Windows Down Karena BSOD: Penerbangan hingga Rumah Sakit Semuanya Lumpuh
Foto: CNA/Try Sutrisno Foo
Penumpang mengantre di konter check-in Jetstar di Terminal 4 Bandara Changi pada 19 Juli 2024. 

Ringkasan:

  • Gangguan sistem operasi Microsoft melanda sejumlah layanan masyarakat pada pukul 6 sore waktu AS pada 18 Juli 2024.
  • Maskapai penerbangan, layanan darurat, dan media melihat layar biru kosong Blue Screen of Death atau BSOD.
  • Termasuk catatan medis tidak dapat diakses dan pembayaran online menjadi sulit

TRIBUNNEWS.COM, AS - Pukul 6 sore, Jumat (19/7/2024), di Pantai Timur Amerika Serikat (AS), dunia seakan berhenti total.

Maskapai penerbangan, layanan darurat, dan kantor media melihat layar kosong pada sistem TI (teknologi informasi) mereka di seluruh AS.




Siaran berita terhenti, maskapai penerbangan seperti American, United, dan Delta bahkan harus menghentikan penerbangan mereka.

Blue Screen of Death telah menyerang.

Blue Screen of Death atau BSOD adalah peringatan yang terlihat saat komputer Anda menghentikan operasi dan menampilkan peringatan ini di layar biru.

Pengguna mengunjungi subreddit firma keamanan siber Crowdstrike dan melaporkan gangguan tersebut.

BERITA TERKAIT

Tak lama kemudian, orang-orang dari berbagai penjuru dunia, termasuk AS, Australia, dan India, mengungkapkan bahwa mereka menghadapi masalah yang sama yakni  Blue Screen of Death.

Gangguan sistem operasi Microsoft melanda berbagai sektor di AS, menyebabkan layanan penting terganggu setidaknya selama 12 jam.

Gangguan pada hari Jumat menyebar dari AS ke Asia setelah Microsoft Corp melaporkan gangguan pada seluruh layanan daringnya.

Perusahaan Raksasa Dunia Juga Kena Imbas

Bursa Efek London, raksasa makanan cepat saji McDonald's, United Airlines dan LSE Group adalah beberapa perusahaan besar yang melaporkan masalah dengan komunikasi dan layanan pelanggan mereka.

Meningkatnya gangguan layanan di Visa, keamanan ADT, Amazon, dan maskapai penerbangan termasuk American Airlines dan Delta dilaporkan di DownDectector, portal pelacakan gangguan internet yang dilaporkan pengguna.

Baca juga: Ini Penampakan Layar Microsoft Eror yang Bikin Kekacauan di Seluruh Dunia

Microsoft mengakui masalah tersebut dan mengatakan bahwa mereka sedang berupaya mengalihkan lalu lintas yang terdampak ke sistem alternatif untuk meringankan dampak dengan cara yang lebih cepat dan mereka melihat tren positif dalam ketersediaan layanan.

Orang-orang di seluruh AS mulai melihat Blue Screen of Death, sebuah stop-error atau stop-screen yang dibuat oleh Microsoft.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas