Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Krisis Kesehatan Baru Terjadi di Gaza, Virus Polio Ditemukan dalam Limbah

Krisis kesehatan baru terjadi di Jalur Gaza yang dibombardir dengan terdeteksinya virus polio dalam limbah.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Krisis Kesehatan Baru Terjadi di Gaza, Virus Polio Ditemukan dalam Limbah
X/Twitter
Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan telah menemukan virus polio dalam sampel limbah yang telah menumpuk di Gaza pada Kamis (18/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Krisis kesehatan baru terjadi di Jalur Gaza yang dibombardir dengan terdeteksinya virus polio dalam limbah.

Informasi ini diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan Gaza pada Kamis (17/7/2024).

Dilansir dari Anadolu, pernyataan kementerian tersebut mencatat bahwa “pengujian pada sampel limbah, yang dilakukan dengan koordinasi UNICEF, mengonfirmasi keberadaan virus polio.”

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa adanya keberadaan virus dalam limbah.

Virus ini mengalir melalui daerah-daerah yang ditinggali orang-orang di pengungsian dan daerah-daerah pemukiman karena kerusakan infrastruktur.

Situasi ini diperburuk oleh kepadatan penduduk yang parah, persediaan air yang langka dan terkontaminasi, penumpukan sampah, dan blokade Israel terhadap persediaan kebersihan.

BERITA TERKAIT

Kementerian tersebut memperingatkan bahwa terdeteksinya virus dalam limbah dapat membuat ribuan penduduk berisiko tertular polio.

"Secara terpisah, Kementerian Kesehatan Israel mengonfirmasi pada hari Kamis bahwa mereka menemukan komponen virus polio tipe 2 dalam sampel limbah dari Gaza," tulis Anadolu dilansir Tribunnews, Jumat (18/7/2024).

Kementerian tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Channel 12 bahwa hasil sampel tersebut cocok dengan hasil dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Sampel yang diuji di laboratorium terakreditasi WHO di Israel menimbulkan kekhawatiran tentang keberadaan virus di daerah tersebut, pernyataan itu menambahkan.

Baca juga: Netanyahu Tolak Pendirian Rumah Sakit Lapangan untuk Anak-anak di Gaza di Tengah Perang Israel

Polio adalah penyakit virus yang sangat menular yang menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan total dalam hitungan jam.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, meningkatnya permusuhan oleh Israel di Gaza telah menyebabkan peningkatan terus-menerus dalam jumlah kematian dan cedera.

Kepadatan penduduk yang parah di tempat penampungan, dan terganggunya sistem kesehatan, air, dan pembuangan limbah, yang dapat mempercepat penyebaran penyakit menular.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas