Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Joe Biden Mundur dari Pilpres AS, Ini Reaksi Obama hingga Zelensky

Mundurnya presiden petahana AS, Joe Biden, dari pencalonan Pilpres AS 2024 yang disampaikan melalui akun X miliknya menuai berbagai reaksi tokoh dunia

Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Joe Biden Mundur dari Pilpres AS, Ini Reaksi Obama hingga Zelensky
Tribunnews.com
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden resmi mundur dari bursa pencalonan presiden pada Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Keputusan presiden petahana Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mundur dari Pilpres AS 2024 menuai berbagai reaksi dari tokoh-tokoh dunia.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Biden melalui media sosial X miliknya, Minggu (21/7/2024), waktu setempat.

Melalui surat yang diunggahnya di akun X miliknya @JoeBiden, Biden menyampaikan keputusannya merupakan yang terbaik bagi partainya (Demokrat) dan bagi negara.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani sebagai presiden Anda. Meskipun saya berencana untuk mencalonkan diri kembali, saya percaya bahwa demi kepentingan terbaik partai dan negara, saya sebaiknya mundur dan berfokus sepenuhnya pada tugas-tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan ini,” kata Biden.

Surat yang diunggah Biden mendapat banyak reaksi dari tokoh dunia, termasuk mantan Presiden AS Donald Trump dan Barack Obama.

Menurut Trump, sejak awal Biden tidak layak mencalonkan diri dan menjadi seorang Presiden AS.

“Joe Biden tidak layak untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat - dan tidak akan pernah! … Kita akan sangat menderita karena kepresidenannya, tetapi kita akan memperbaiki kerusakan yang telah dilakukannya dengan sangat cepat. JADIKAN AMERIKA HEBAT LAGI!” tulis Trump di akun Truth Social miliknya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, mantan Presiden AS Barack Obama melalui pernyataan resmi yang diunggah di laman Medium-nya menyebut Biden seorang patriot sejati setelah mengumumkan mundur.

"Ini adalah bukti kecintaan Joe Biden pada negara, dan contoh bersejarah dari seorang pelayan publik yang tulus yang sekali lagi mengutamakan kepentingan rakyat Amerika di atas kepentingannya sendiri, yang harus diikuti oleh para pemimpin masa depan,” ujar Obama.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada Biden atas dukungannya kepada Ukraina dalam perang dengan Rusia.

Melalui unggahan di X, Zelensky mengatakan bahwa Ukraina menghormati “keputusan yang sulit, namun kuat" itu.

Baca juga: 8 Presiden AS yang Mundur dari Pilpres & Gagal Dapat Tiket Capres Lagi, Terbaru Joe Biden

“Kami akan selalu berterima kasih atas kepemimpinan Presiden Biden. Dia mendukung negara kami selama momen paling dramatis dalam sejarah, membantu kami mencegah Putin menduduki negara kami, dan terus mendukung kami selama perang yang mengerikan ini,” ucap Zelensky.

Selanjutnya, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengungkapkan rasa hormatnya kepada Biden.

“Saya berharap dapat bekerja sama selama sisa masa kepresidenan Biden,” kata Starmer melalui unggahannya di X.

Starmer juga menyatakan bahwa dia yakin keputusan Biden untuk mundur didasarkan pada apa yang diyakini Biden sebagai yang terbaik bagi rakyat Amerika.

(mg/alf)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas