Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Joe Biden Mundur, Israel Kehilangan Dukungan Seorang Presiden Zionis, Perang Gaza akan Berakhir?

Dengan Joe Biden memilih mundur, setidaknya Israel telah kehilangan dukungan dari seorang presiden Amerika Serikat yang juga mengaku seorang zionis

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Joe Biden Mundur, Israel Kehilangan Dukungan Seorang Presiden Zionis, Perang Gaza akan Berakhir?
Twitter/X Joe Biden
Berikut ini adalah surat dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi pada pemilihan bulan November 2024: 

Joe Biden Mundur, Israel Kehilangan Dukungan Seorang Presiden Zionis, Perang Gaza akan Berakhir?

TRIBUNNEWS.COM- Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mengumumkan pengunduran dirinya dalam persaingan Calon Presiden AS berikutnya.

Dengan Joe Biden memilih mundur, setidaknya Israel telah kehilangan dukungan dari seorang presiden Amerika Serikat yang juga mengaku seorang zionis.

Dilansir dari Economic Times, mundurnya Joe Biden dari pemilihan presiden AS menimbulkan ketidakpastian yang lebih besar di dunia pada saat para pemimpin Barat bergulat dengan perang di Ukraina dan perang di Gaza, kaitannya dengan Tiongkok yang lebih tegas di Asia, dan kebangkitan sayap kanan di Eropa.

Penarikan diri Biden menimbulkan ketidakpastian termasuk dalam perang Gaza, sengketa perdagangan, dan tantangan kebijakan luar negeri AS lainnya.

Penarikan diri Joe Biden jelas akan berdampak besar pada Israel, Ukraina, Cina, dan hubungan AS dan Iran.

Pengganti Joe Biden, Kamala Harris dikritik karena sikapnya terhadap Israel. Hubungan AS dan Timur Tengah menghadapi ketidakpastian.

BERITA TERKAIT

Selama lima dekade berkarier di dunia politik, Biden mengembangkan hubungan pribadi yang luas dengan banyak pemimpin asing yang tidak dapat ditandingi oleh calon penggantinya dari Partai Demokrat.

Setelah pengumumannya, pesan dukungan dan rasa terima kasih atas pengabdiannya selama bertahun-tahun mengalir dari dekat dan jauh.

Cakupan tantangan kebijakan luar negeri yang dihadapi presiden Amerika Serikat berikutnya memperjelas pengaruh dan dampak apa yang bisa diberikan Washington terhadap seluruh dunia.

Dengan Wakil Presiden Kamala Harris yang dipandang sebagai calon pengganti Joe Biden, warga Israel pada hari Minggu berusaha keras untuk memahami apa arti pencalonannya bagi negara mereka saat menghadapi meningkatnya isolasi global atas Israel yang terus menyerang Gaza.

Surat kabar harian sayap kiri Israel, Haaretz, memuat berita yang meneliti catatan dukungan Harris terhadap Israel.

Dengan menunjuk pada reputasinya sebagai "polisi jahat" Biden yang telah secara vokal menegur Israel atas serangannya di Gaza.

Dalam beberapa bulan terakhir, ia telah melangkah lebih jauh dari Biden dalam menyerukan gencatan senjata, mengecam invasi Israel ke Rafah, dan menyatakan kengerian atas jumlah korban tewas warga sipil di Gaza.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas