Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-880: Zelensky Tanggapi Keputusan Biden Mundur dari Pilpres AS 2024

Zelensky menyampaikan komentarnya atas keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden yang mundur dari Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2024.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari ke-880: Zelensky Tanggapi Keputusan Biden Mundur dari Pilpres AS 2024
Tangkap layar YouTube
Joe Biden Keliru Sebut Volodymyr Zelensky sebagai Presiden Putin. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyampaikan komentarnya atas keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden yang mundur dari Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-880 pada Senin (22/7/2024).

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyampaikan komentarnya atas keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden yang mundur dari Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2024.

Rusia mengatakan pasukannya telah merebut dua desa garis depan di Ukraina, Andriivka di wilayah Luhansk timur dan Pishchane di wilayah Kharkiv timur laut, Minggu (21/7/2024).

Selengkapnya, inilah rangkuman peristiwa dalam Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-880:




* Zelensky menanggapi keputusan Joe Biden untuk mengundukan diri dari ajang Pilpres AS 2024.

Pada Minggu (21/7/2024), Joe BIden mengumumkan mengundurkan diri dari Pilpres AS 2024 dan menyatakan dukungannya kepada Wakil Presiden (Wapres) Kamala Harris untuk menghadapi Donald Trump dari Partai Republik, November mendatang.

Pengumuman ini keluar kurang dari empat bulan sebelum hari pemilu Amerika Serikat pada 5 November 2024 mendatang, VOA melaporkan.

"Ukraina berterima kasih kepada Presiden Biden atas dukungannya yang tak tergoyahkan terhadap perjuangan Ukraina untuk kebebasan bersama dengan dukungan bipartisan yang kuat di Amerika Serikat, yang sangat penting," kata Zelensky, dikutip dari The Guardian.

BERITA TERKAIT

"Kami akan selalu berterima kasih atas kepemimpinan Presiden Biden," lanjut Zelensky.

Zelensky mengingat setiap dukungan yang diberikan Biden sepanjang momen dramatis dalam sejarah Ukraina.

"(Biden) membantu kami mencegah (Presiden Rusia, Vladimir) Putin menduduki negara kami, dan terus mendukung kami selama perang mengerikan ini," beber Zelensky.

Baca juga: Komentar Trump usai Biden Mundur dari Pilpres AS 2024, Benarkah Demokrat Bakal Usung Kamala Harris?

"Situasi terkini di Ukraina dan seluruh Eropa tidak kalah menantang, dan kami sungguh-sungguh berharap bahwa kepemimpinan Amerika yang kuat akan mencegah kejahatan Rusia berhasil atau membuat agresinya membuahkan hasil," ucap Zelensky.

Sepanjang sejarah AS, belum pernah ada kandidat yang mengundurkan diri sedekat ini jelang pemilu.⁣

Keputusan Joe Biden dipuji oleh rekan-rekan Partai Demokrat-nya, termasuk pihak yang menuntut Biden mengundurkan diri sejak debat capres dengan Trump Juni lalu.⁣

Mantan presiden AS Barack Obama menyebut Biden, yang merupakan mantan wapresnya, sebagai salah satu presiden Amerika paling berpengaruh, sekaligus sahabat baiknya.⁣

* Rusia mengatakan pasukannya telah merebut dua desa garis depan di Ukraina, Andriivka di wilayah Luhansk timur dan Pishchane di wilayah Kharkiv timur laut, Minggu (21/7/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas