Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Umumkan Mundur dari Pilpres AS, Joe Biden: Demi Kepentingan Terbaik Partai dan Negara

Joe Biden melalui unggahan di akun X-nya menyampaikan mundur dari Pilpres AS.

Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Umumkan Mundur dari Pilpres AS, Joe Biden: Demi Kepentingan Terbaik Partai dan Negara
khaberni/HO
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. 

TRIBUNNEWS.COM - Joe Biden, presiden petahana Amerika Serikat (AS), mengumumkan mundur dari Pemilihan Presiden AS 2024 pada Minggu, (21/8/2024), waktu setempat.

Melalui surat yang diunggah pada akun X miliknya, Biden mengaku memilih mundur agar bisa berfokus pada tanggung jawabnya sebagai presiden pada sisa masa jabatannya.

Ia juga menyampaikan keputusannya itu adalah yang terbaik untuk partai dan juga negara.

“Meskipun saya berencana untuk mencalonkan diri kembali, saya percaya bahwa demi kepentingan terbaik partai dan negara, saya sebaiknya mundur dan fokus sepenuhnya pada tugas-tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan ini,” tulis Biden.

Desakan agar Biden mundur dari pencalonan sudah diserukan internal Partai Demokrat sejak debat pertama Pilpres AS  yang berlangsung akhir Juni lalu.

Penampilan buruk Biden pada debat perdana melawan Donald Trump pada Kamis, (27/6/2024), membuat beberapa politisi Partai Demokrat kecewa.

Selama debat perdana itu Biden tidak menunjukkan penampilan terbaiknya dan tak berfokus menyerang Trump. Hal itu membuat politisi partai dan donatur mendorongnya mundur.

BERITA TERKAIT

Dilansir dari Politico, dalam waktu lebih dari dua bulan, elektabilitas Biden juga menurun di beberapa negara bagian yang penting.

Selain itu, ia juga terpuruk di negara-negara bagian yang Partai Demokrat tidak berencana untuk mengeluarkan sumber daya yang besar untuk menang, seperti di Virginia dan New Mexico.

Alasan-alasan tersebut diduga memperkuat tekanan Partai Demokrat kepada Joe Biden agar mundur dari pilpres.

(mg/alf)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas